• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

BMKG Beri Peringatan Dini Cuaca di Papua Barat

16 May
13:58 2019
2 Votes (5)

KBRN, Sorong : Laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) mencatat akan adanya hujan dengan intensitas ringan hingga lebat sepanjang bulan Mei 2019.

Catatan tersebut juga disampaikan  BMKG Sorong terkait informasi prakiraan cuaca diwilayah Papua Barat yang hampir merata di 12 Kabupaten dan 1 kota didominasi berawan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Baca Juga : Diterjang Ombak, Truk Bermuatan Beras Didalam Kapal Terguling

Kepala Seksi data dan Informasi BMKG Sorong, Suharyadi menerangkan kondisi cuaca ini didasarkan pada pengamatan tim forecaster yang bertugas sehari-hari, dan kondisi ini kata Suharyadi dapat terjadi dalam waktu 3 hingga 4 hari, oleh karenanya masyarakat diimbau agar dapat mewaspadai cuaca buruk yang terjadi, membersihkan parit dan lingkungan agar mencegah banjir, menghindari pepohonan tua yang mudah tumbang, serta berhati-hati saat berkendara agar tidak jatuh.

Baca Juga : Tim Stasiun Geofisika Jayapura Observasi Hilal Awal Ramadhan di Biak

"Untuk cuaca hujan biasanya kami amati setiap hari dan kami laporkan setiap harinya, tapi memang kalau hujan biasanya perkiraan dapat berlangsung antara 3 sampai 4 hari, oleh karena itu masyarakat diimbau agar membersihkan lingkungan tempat tinggal terutama parit agar tidak terjadi banjir, berhati-hati saat berkendara, hindari jalanan yang rusak, serta tidak berada dibawah pohon karena dikhawatirkan akan tumbang," ujar Suharyadi, Kamis (16/5/2019).

Berdasarkan perkiraan cuaca yang terjadi di 12 Kabupaten dan 1 Kota di Papua Barat, cuaca dipagi hari didominasi berawan, siang hari cerah, dan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dimalam hari.

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00