• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Pemda Merauke Keluarkan Perbup Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik

16 May
13:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Merauke : Pemerintah Daerah Merauke akan memberlakukan peraturan Bupati Merauke nomor 23 tahun 2019 tentang pengurangan pemakaian kantong plastik.

Peraturan Bupati tentang pengurangan pemakaian kantong plastik akan di awali sosialisasi kepada pengusaha toko dan kios dan selanjutnya akan di terapkan di Kabupaten Merauke.

Baca juga : Kreasi Sampah Kain Disulap Jadi Pot Tanaman Cantik

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke Harmini mengatakan peraturan Bupati terkait pengurangan pemakaian kantong plastik bertujuan untuk melindungi Merauke dari pencemaran dan kerusakan lingkungan yang di akibatkan oleh pemakaian kantong plastik secara berlebihan.

"Pengurangan pemakaian kantong plastik juga untuk menjamin kelangsungan makhluk hidup dan kelestarian ekosistem sehingga dapat tumbuh dari berkembang dengan baik," Ungkap Harmini di Merauke, Kamis (16/05/2019).

Baca juga : Selama Ramadhan, Volume Sampah Meningkat di Kota Padang

Menurut Harmini dalam penerapan Peraturan Bupati, konsumen yang tidak membawa kantong ramah lingkungan ketika berbelanja di toko maupun kios, maka di pastikan akan membayar kantong plastik dengan harga di atas 10 ribu rupiah.

Harmini berharap dengan adanya Peraturan Bupati, para konsumen atau pembeli dapat menyediakan kantong ramah lingkungan sehingga pemakaian kantong plastik di wilayah Kabupaten Merauke dapat di minimalisir.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00