• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Musium Siwalima Gelar Lomba Kolase dan Mewarnai Tingkat TK

16 May
13:34 2019
0 Votes (0)

KBRN:Ambon-Musium Siwalima yang merupakan musium terbesar di Maluku menggelar lomba mengisi pola dan mewarnai tingkat Taman Kanak-kanak. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memeriyakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Pattimura ke 202 tahun 2019.

Kepala Musium Siwalima, Jean Saiya menjelaskan, Lomba Kolase atau Mengisi Pola dan Mewarnai tingkat TK di gelar sebagai upaya menanamkan rasa sportivitas dan menumbuhkan kebanggaan anak sejak dini, sehingga mereka mengerti dan tahu di dalam perlombaan akan ada yang menang dan kalah.

“Karena terkadang dalam mengikuti lomba orang tua atau guru memaksakan anak-anak untuk menang  padahal dalam perlombaan akan ada yang namanya kalah dan menang, sehingga dalam perlombaan ini, kami tanamkan sikap sportivitas dalam diri mereka sejak dini,” jelas Saiya, Kamis(16/05/19).

Dirincikan, kegiatan tersbeut diikuti oleh 173 siswa Taman Kanak-kanak di Kota Ambon dimana lomba Kolase sebanyak 61 peserta dan lomba mewarnai sebanyak 112 peserta.

“Kenapa lomba diperuntuhkan bagi anak-anak TK? Dikarenakan mereka adalah penyumbang PAD terbesar bagi kamidi muium. Hampir setiap saat mereka berkunjung ke Musium Siwalima untuk melihat dan mempelajai barang-barang peninggalan sejarah itu,”tutur Jean.

Di akhir pembicaraan Kepala Musium Siwalima itu mengaku, bila di perlombaan sebelumnya, pemenenang mendapatkan piala dan uang tabungam, berebda dengan perlombaan kali ini, karena para juara selain mendapatkan pialsa juh memperoleh hadiah berupa sepeda dengan harapan untuk menjada kebersihan dan keasrihan lingkungan sekitar.

“Hadiahnya kali inii beda dari biasanya. Kali ini selain memberikan piala juga memberikan sepeda bagi anak-anak yang berhasil menjadi pemenangan, sehingga mereka dapat menjaga dan melestarikan ligkingan dengan baik.

Dalam Perlombaan itu, Naura Rania dengan nilai 960 dari TK Kartika XIII-13 keluar sebagai juara satu pada mata lomba  Mewarnai, di susul  Kenzo dengan perolehan nilai 930 dari TK Kristen Rehoboth di posisi ke dua, dan  Via Talapessy perwakilan TK Anyelir juara tiga dengan perolehan nilai 900. Sementara pada mata lomba  Kolase di menangkan oleh  Rika Arbaina perwakilan dari TK  Al-Fatah dengan perolehan nilai 1420, juara dua  perwakilan dari TK  Eden, Syallom Uweubun dengan nilai 1325 dan juara tiga dari TK Kasih Ibuean Latumeten dengan perolehan nilai 1240. 

  • Tentang Penulis

    Raudha Autana

    Bissmillah..Fighting_ Reporter RRI Ambon_ "Yakusa" MamabeahQ.. BapaAmadQ..Muhhammad Ulath

  • Tentang Editor

    Nanang Adrany

    Editor RRI Ternate

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00