• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Jelang Lebaran, BI Kediri Buka Layanan Penukaran Uang Baru di Madiun

16 May
12:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Madiun : Pemerintah Kota(Pemkot) Madiun mengapresiasi upaya Bank Indonesia (BI) perwakilan Kediri memberikan layanan penukaran uang baru atau uang layak edar bagi masyarakat menjelang Idul Fitri 1440 Hijriyah. Bahkan, BI bekerjasama dengan sejumlah bank di Madiun, seperti Bank Jatim, BNI, Mandiri maupun BRI.

Wakil Walikota Madiun, Inda Raya mengatakan, kerjasama tersebut bertujuan memudahkan masyarakat menukarkan uang pecahan layak edar. Dengan begitu mereka tidak perlu lagi jauh-jauh menukarkan uang ke daerah lain.

"Bentuknya kan sudah bendel-bendel, kemudian sudah diantisipasi untuk pembatasan penukaran supaya bisa rata. Setiap orang bisa tukar Rp3,7 juta. Isinya ada pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu dan Rp2 ribu," ungkap Inda, Kamis (16/5/2019).

Sementara itu Kepala BI perwakilan Kediri, Musni Hadi Kasuma Atmaja menyatakan, di Madiun BI bekerjasama dengan 14 bank untuk memberikan layanan penukaran pecahan uang layak edar. Hanya saja, waktu dan jumlah penukar pun dibatasi.

"Jadi waktunya setiap Selasa dan Kamis mulai jam 09.00 WIB sampai jam 10.00 WIB. Itu pun sampai tanggal 28 Juni nanti. Setiap bank maksimal hanya melayani 50 orang saja," kata Musni.

Musni menjelaskan, bagi masyarakat yang sudah menukarkan uang hingga Rp3,7 juta, ada aturan yang diterapkan pihak bank. Aturan tersebut yakni mencelupkan jari ke tinta guna mengantisipasi warga tersebut ikut antre lagi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00