• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

KIP Minta Pemerintah Aceh Beri Santunan Petugas Pemilu Meninggal Dunia

16 May
11:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Jumlah petugas pemilu yang meninggal di Provinsi Aceh terus bertambah. Pada Rabu (14/5/2019) seorang Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Aceh Tengah meninggal dunia faktornya diduga karena kelelahan.  Kemudian seorang petugas PPS di Aceh Selatan pada tanggal 27 April 2019 meninggal dunia dalam keadaan hamil 8 bulan.

Baca juga artikel ini : Lagi, Petugas Pemilu di Aceh Meninggal Dunia 

Hingga kini tercatat, sudah belasan petugas pemilu yang meninggal di Aceh. Menurut data dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, jumlah petugas yang meninggal dunia tersebar di sejumlah kabupaten kota.

“Menurut data yang kami terima sudah 11 orang petugas pemilu meninggal dunia, ditambah satu orang yang meninggal di Aceh Tengah Rabu kemarin,” kata Komisioner KIP Aceh Agusni saat dikonfirmasi RRI, Kamis (16/5/2019).

Baca juga artikel ini : 600 Petugas KPPS Meninggal Dunia 

Dia berharap, Pemerintah Aceh tidak tutup mata dalam menyikapi banyaknya pahlawan demokrasi yang terus berguguran. Pemerintah Aceh diminta ikut membantu memberikan santunan untuk meringankan beban bagi keluarga yang ditinggalkan.

“Memang itu tugas KPU RI yang mewakili pemerintah untuk memberikan santunan. Tapi sebenarnya kita juga menanti bantuan dari Pemerintah Aceh apakah dalam bentuk santunan ataupun sebagai rasa kepedulian terhadap pahlawan demokrasi yang telah menyukseskan pemilu di Aceh, karena bantuan santunan itu sangat bermanfaat bagi keluarga korban,” sebut Agusni.

Baca juga artikel ini : Petugas PPS di Aceh Meninggal Dunia Dalam Keadaan Hamil 8 Bulan 

Saat ini, KIP Aceh terus melakukan pendataan petugas pemilu di Aceh yang telah meninggal dunia.

“Kita terus data dan kita kirimkan ke KPU RI untuk diberikan santunan nantinya, tidak hanya yang meninggal dunia namun yang dirawat di rumah sakit juga diberikan santunan,” ujarnya.

Baca juga artikel ini : Ini jumlah Petugas Pemilu di Aceh yang Meninggal Dunia 

Sementara hingga saat ini, kata Agusni, jumlah petugas pemilu yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak 473 orang. Mereka tersebar di sejumlah kabupaten kota di Aceh.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00