• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Mudik ke Solo, Nikmati Gudegnya Para Presiden

16 May
11:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Mudik ke Kota Solo wajib menikmati kuliner tradisional. Banyak kuliner khas yang memanjakan lidah, salah satunya Gudeg Solo. Memang Gudeng khas dengan kuliner Yogyakarta, namun makanan tersebut juga banyak dijumpai di Kota Bengawan (sebutan Solo). 

Sebagai daerah yang memiliki kesamaan budaya dan kuliner, Kota Solo juga memiliki masakan serupa. Namun, Gudeg khas Solo menawarkan citarasa yang berbeda. Gudeg Jogja identik agak manis, sedangkan Solo, ada rasa gurih dan agak pedas.

Rumah makan Adem Ayem merupakan salah satu tempat yang menawarkan gudeg khas Solo. Lokasinya cukup strategis, di Jalan Slamet Riyadi. Tepat berada di depan rumah dinas wali kota atau yang dikenal dengan sebutan Loji Gandrung.

"Gudeg Solo rasanya gurih, berbeda dengan Gudeg Yogya yang cenderung manis," katanya.

Baca juga : 7000 Porsi Kuliner Timlo Solo Dibagikan Gratis

Rasa gurih dari racikan bumbu ditambah santan kental yang diguyurkan, kata pendirinya, Lies Rosmijati, kepada RRI belum lama ini.

Gudeg Solo Adem Ayem memang sangat dikenal wisatawan hingga pejabat. Pelanggannya berasal dari berbagai kalangan.  Beberapa presiden juga menjadi pelanggan rumah makan yang cukup legendaris itu.

Salah satunya Presiden Joko Widodo yang menjadi pelanggan lama di Adem Ayem. Saat menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, Jokowi sering memesan gudeg Adem Ayem untuk menjamu tamu-tamunya.

"Sering juga memesan untuk dijadikan oleh-oleh," ungkap Lies.

Baca juga : Segarnya Buka Puasa dengan Es Roti Legendaris di Malang

Usut punya usut, Gudeg Solo Adem Ayem ini juga menjadi makanan klangenan presiden sebelumnya. Menurut Lies, Presiden RI kedua, Suharto, dahulu kerap memesan gudeg. Dia selalu memesan saat singgah di Ndalem Kalitan, (kediaman Ahm. Ibu Tien Soeharto), yang lokasinya tak jauh dari Adem Ayem.

"Sekali pesan bisa sampai 40 kendil gudeg," sambungnya Lies.

Presiden RI keempat, Abdurrahman Wahid ternyata juga penikmat gudeg yang diolah rumah makan tersebut. Gus Dur sebelum menjadi Presiden sering mampir makan gudeng. Bahkan Gus Durmemiliki tempat khusus di rumah makan itu.

"Gus Dur sering makan di sini. Beliau punya meja favorit,” tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00