• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat Papua Tersisa 2 Daerah

16 May
11:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jayapura : Pelaksanaan pleno rekapitulasi perhitungan suara untuk tingkat Provinsi Papua masih menyisakan dua Kabupaten/Kota. Dua daerah itu, yakni Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kota Jayapura.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Theodorus Kossay mengakui, pihaknya masih memperbaiki hasil rekapitulasi perhitungan suara dari Kepulauan Yapen dan menunggu pelaksanaan rekapitulasi sejumlah distrik di Kota Jayapura belum tuntas.

“Kalau Yapen sebenarnya telah berjalan hingga pembacaan hasil suara, hanya dilakukan skors sebagaimana rekomendasi Bawaslu Papua yakni harus menyandingkan data 15 Distrik,” terangnya, Kamis (16/5/2019).

Baca juga : Kisruh Nisel, KPU Sumut Tunda Rekapitulasi Suara

Sementara Kota Jayapura, lanjutnya, masih diberikan waktu untuk menyelesaikan rapat pleno tingkat Kota yang sedang berlangsung di Aston Hotel, Distrik Jayapura, Kota Jayapura.

"Pleno Kota Jayapura terbilang alot, tetapi kami sudah melakukan supervisi dan memberikan pencerahan kepada KPU Kota Jayapura. Semoga mereka bisa segera menyelesaikannya,” harap Kossay.

Baca juga : Rekapitulasi Nasional Hasil Pemilu 2019 Provinsi Kaltim Rampung

Ia pun menambahkan, pihaknya telah menggelar rapat bersama dan  mengajukan permohonan tambahan waktu rekapitulasi ke KPU RI selama satu hingga dua hari.

"Kami akan melanjutkan pleno pada Kamis (16/5/2019) siang sekitar pukul 14.00 WIT dan diupayakan rampung sebelum pukul 24.00 WIT," katanya.

Diketahui, total sebanyak 27 kabupaten yang telah menuntaskan tahapan rekapitulasi perhitungan suara untuk tingkat Provinsi Papua. Pasangan Jokowi-Ma'ruf meraih suara di 27 daerah tersebut dengan persentase 90 hingga 100 persen.

Adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap Provinsi Papua sebanyak 3.542.544 orang yang tersebar di 15.250 TPS. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00