• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Guru dan TAS Kota Bandung Tidak Lolos Verifikasi Honorarium, Tak Usah Kecewa

16 May
10:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandung: Guru dan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) non Apartur Sipil Negara (ASN) yang tidak lolos verifikasi penerima honorarium tidak perlu kecewa. Pasalnya, Pemerintah Kota  (Pemkot) Bandung saat ini tengah menyiapkan solusi, agar yang tidak lolos verifikasi tetap mendapatkan bantuan.

Dari hasil verikasi guru dan TAS Dinas Pendidikan Kota Bandung yang gagal memenuhi kualifikasi, ada sekitar 1228 orang. Sedangkan yang sudah lolos dan akan mendapatkan honorarium, tercatat sekitar 10.058 orang.

Baca juga : Pemkot Bandung Upayakan Guru Dan TAS Non PNS Dapat Honorarium

Walikota Bandung Oded M. Daniel mengungkapkan, pihaknya kini tengah mencari solusi yang tepat, untuk permasalahan tersebut. Pemkot Bandung sendiri akan mengalokasikannya, melalui apresiasi Pendidik Tenaga Kependidikan (PTK), pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2019.

“Saya sudah menyampaikan kepada Pak Kadis agar prinsip keadilan dan juga taat aturan. Ada sisanya 1.228 orang yang memang secara kualifikasi mereka belum memenuhi syarat. Tetapi kita akan tetap berupaya memberi apresiasi,” kata Oded, Kamis,(16/5/2019).

Oded menyatakan, apresiasi tersebut bisa dimanfaatkan para guru dan TAS non PNS untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya. Sehingga nantinya para guru dan TAS non PNS bisa terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) karena telah memenuhi kualifikasi sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Minimal Pendidikan.

“Bentuknya sama dengan honor. Tapi kita arahkan itu untuk meningkatkan mutu mereka. Agar tahun depan mereka bisa memenuhi,” kata Oded.

Baca juga : Wacana 'Impor' Guru Membuat Para Guru Cemas

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Bandung, Hikmat Ginanjar mengatakan, apresiasi PTK hampir serupa dengan honorarium. Perbedaannya, hanya terletak dari alokasi anggaran dan besaran bantuan yang dihitung dari berbagai kriteria. Di antaranya dari jam mengajar.

“Hanya namanya saja yang berbeda. Intinya honorarium juga. Insya Allah di APBD Perubahan,” ucap Hikmat.

Bagi guru dan TAS non PNS yang telah terverifikasi, kata Hikmat, Disdik Kota Bandung akan berupaya agar honorariummnya bisa segera cair dalam waktu dekat ini.

“Kepwalnya (Keputusan Wali Kota) akan kita coba selesaikan hari ini. Untuk 10.058 orang yang telah terverifikasi disediakan dana sekitar Rp121 miliar,” katanya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00