• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga Daging Ayam Mahal, Pasokan di Tingkat Petani Terbatas

16 May
10:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Harga daging ayam broiler pada bulan Ramadhan ini terbilang cukup tinggi. Meski sudah sepuluh hari puasa, harga daging ayam broiler di pasar Wadungasri, Sidoarjo masih berada di kisaran Rp 32 ribu per kilogram. Kenaikan harga daging ayam broiler ini dipicu oleh tingginya permintaan, sementara pasokan di tingkat petani terbatas.

Wiwik, salah satu pedagang di pasar Wadungasri mengatakan, awal Ramadhan lalu harga ayam Broiler sempat mencapai Rp 34 ribu per kilogram. Berbeda sebelum Ramadhan, harga ayam broiler justru rendah yakni Rp 30ribu per kilogram. Diakui Wiwik, harga daging ayam tergantung dari permintaan pasar. Jika permintaan tinggi, maka harga ayam bisa melonjak naik.

Baca Juga : Harga Telur di Pekanbaru Naik

"Karena ini-kan naik terus, ngikutin harga," jelasnya kepada RRI Surabaya, Kamis (16/5/2019).

"Ayam-nya kan gak stabil, gak tentu-lah. Lihat pasang surutnya pasar. Kalau pasarnya agak surut, harga bisa turun," lanjutnya. 

Baca Juga : Harga Kebutuhan Pokok Mahal Jelang Ramadhan

Kenaikan harga tersebut, kata Wiwik sudah berasal dari tukang ayam potongnya, atau dari petani. Pedagang sendiri, kata Wiwik tidak bisa serta-merta menaikkan harga supaya tidak membebani pembeli khususnya warga yang tengah menghadapi bulan Ramadhan ini.

"Kalau saya gak bisa naikkan (harga). Kalau naik, gak laku ayam saya," keluh Wiwik. 

Sementara itu, berdasarkan sistem informasi ketersediaan dan perkembangan harga bahan pokok (Siskaperbapo) di Jatim, harga ayam broiler per tanggal 16 Mei 2019 rata rata dijual dikisaran Rp 31.800 per kilogram. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00