• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Catatan Ramadhan

Dinkes dan BPOM Tarakan Pantau Penjualan Takjil Selama Ramadhan

16 May
09:19 2019
1 Votes (5)

KBRN, Tarakan : Uji sample Makanan dan minuman (produk pangan) yang dijajakan di 2 Lokasi Pasar Ramadhan wilayah Kota Tarakan, bebas dari kandungan berbahaya.

Hal tersebut sesuai dengan hasil sidak Kantor Perwakilan Badan Pengawas Obat dan Makanan di Kota Tarakan bersama dengan Dinas kesehatan kota Tarakan.

Hani Dwi Kustanti S.Si Apt Pengawas Makanan dan Farmasi Ahli Muda Kantor BPOM di Tarakan menuturkan, hasil uji yang dilakukan Kantor BPOM, semua produk pangan yang dijajakan pedagang takjil aman dikonsumsi.

“Dari kedua tempat itu ada empat kandungan berbahaya yang menjadi parameter pemeriksaan yaitu rhodamin B, Methanil Yellow, Boraks dan Formalin, dengan 70 Sample yang diuji menggunakan metode Rapid Test Kit,” Dikatakan Hani Dwi Kamis (16/5/2019).

Ditambahkannya 70 Sampel yang diuji tersebut, terdiri dari makanan dan minuman ringan berwarna, makanan olahan dari bahan dasar ikan, gorengan dan lain nya, hasilnya semua produk pangan negative dari empat parameter berbahaya.

Selain di Kota Tarakan, Pihaknya juga sudah melaksanakan uji sampel takjil di Kabupaten Bulungan dengan hasil yang sama.

“BPOM Tarakan serta Dinas Kesehatan masih terus menjadwalkan Sidak serupa dengan sentra penjualan takjil lainnya, dengan melibatkan personel gabungan sebanyak 12 orang,”Ungkapnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00