• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Partai Golkar Tolak Keras Wacana Pembentukan Pansus Pemilu 2019

15 May
23:52 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Fraksi Golkar di DPR menolak tegas wacana pembentukan panitia khusus (Pansus) Pemilu 2019 yang digagas partai koalisi Indonesia Adil dan Makmur yang terdiri dari Partai Gerindra, PKS, PAN, Demokrat.

“Proses pemilu di setiap tahapan telah berjalan dengan baik dan setiap masalah yang muncul telah diselesaikan secara tuntas sesuai prosedur, mekanisme dan aturang yang berlaku,” ujar Sekretaris Fraksi Partai Golkar, Adies Kadir kepada wartawan, di Gedung DPR, Rabu (15/5/2019).

Aturan yang dimaksud, sambung dia, yaitu UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan PKPU serta Perbawaslu. “Apabila dirasa masih ada masalah yang belum selesai terkait pemilu, silahkan mengajukan perselisihan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi," tambahnya.

Dsiisi lain, kata Adies, fraksinya memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada penyelenggara pemilu mulai dari TPS hingga tingkat pusat.

“Tidak terkecuali kepada TNI/Polri yang telah mengawal keamanan seluruh proses pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 sehingga berjalan aman, tertib, dan damai,” pungkasnya.

Seperti diketahui, wacana pembentukan pansus Pemilu 2019 mengemuka di rapat paripurna DPR, Rabu (8/5/2019).

Pembentukan pansus itu untuk mengevaluasi seluruh hasil penyelenggaraan Pemilu 2019. Pemilu 2019 juga dinilai telah menyisakan duka cita dengan meninggalnya 554 petugas baik dari unsur KPPS hingga pengawas kepolisian. Selain itu, Pemilu 2019 juga diwarnai dengan kesalahan memasukan data oleh petugas KPU. 

Seluruh masalah ini harus diawasi oleh DPR lewat pembentukan pansus agar peristiwa serupa tidak terulang kembali di masa mendatang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00