• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Ini Jadwal Cuti Bersama Lebaran PNS dan Swasta

15 May
22:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan bahwa cuti lebaran antara Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan swasta tidak akan sama.

"Memang kalau dari swasta akan ikutin libur bersama dari pemerintah tanggal 3. Sementara pemerintah sejak tanggal 30," ujarnya kepada RRI, Rabu (15/5/2019).

"Tidak mungkin sama antara swasta dengan pemerintah karena biasanya memang bagi pengusaha itu ada waktu tertentu atau katakanlah memiliki sesuatu kebutuhan yang berbeda-beda," tambahnya.

Menurutnya seperti perbankan, industri, dan pengusaha pasti mempunyai perbedaan tersendiri. Meskipun nantinya para pengusaha tidak mengikuti cuti bersama misalnya hari libur dapat diganti di hari lain.

"Katakanlah seperti perbankan terkadang perbankan walaupun libur mereka tetap masuk untuk melayani nasabah, yang kedua industri  mereka harus punya target produksi atau mungkin ada permintaan dari buyer atau luar negeri, ya atau mungkin ada juga usaha jasa yang memang mewajibkan harus ada penjagaan misalnya namanya security," paparnya.

"Masing-masing perusahaan pasti beda-beda tergantung permasalahannya akan tetapi komitmen pengusaha akan mentaati cuti bersama kadang-kadang walaupun cuti bersama itu harus diatur masuknya tapi tidak akan mengurangi hak pekerja. Tapi itu semua tergantung kebijakan," lanjutnya lagi.

Perlu diketahui, pemerintah sudah menetapkan secara resmi mengenai libur lebaran dan Cuti Bersama 2019 bagi yang akan merayakan hari raya Idul Fitri 1440 H. 

Cuti bersama lebaran idul fitri 1440 H pun dijadwalkan jatuh pada 3, 4 dan 7 Juni 2019.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, awal libur bagi pegawai negeri sipil (PNS) akan dimulai pada Kamis 30 Mei 2019.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00