• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Banyak Petugas KPPS Gugur, Kemenkes Akan Lakukan Autopsi Verbal

15 May
21:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan pemerintah akan lakukan autopsi verbal kepada petugas Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal pada saar bertugas di Pemilu 2019.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi menyebut bahwa autopsi verbal bagian yang ingin dilakukan Kemenkes untuk menemukan kasus penyebab kematian tersebut.

"Autopsi verbal adalah bagian yang memang kita ingin menemukan kasus penyebab kematian itu, dan saat inilah yang sedang kita lakukan saat ini pasca hebohnya kejadian yang mengatakan itu matinya tidak wajar," jelasnya kepada Pro 3 RRI, Rabu (15/5/2019).

Ketika ditanya mengenai autopsi verbal yang akan dilakukan bersama tim independen dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, ia menjawab itu bukan tugas Kemenkes.

"Itu hal lain, itu bagian diluar tugas kita itu independen. Mungkin lebih komprehensif," ujarnya.

Menurutnya tidak ada kematian yang tidak wajar, semuanya masih dalam konteks kewajaran. Masyarakat memang sudah mempunyai riwayat penyakit.

"Kewajaran artinya ada penyakit yang memang sudah diderita oleh korban kemudian dipicu dengan kelelahan ada penyakit yang sudah diderita. Itu hasil dari autopsi verbal kita dan hasil audit medis yang sudah kita lakukan di pelayanan kesehatan dimana kita temukan ada 13 penyakit," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00