• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Ini Gejala Awal Penyakit Cacar Monyet

15 May
21:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan gejala-gejala yang timbul monkeypox atau cacar monyet yang sedang marak di Singapura.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes drg. Widyawati mengimbau kepada masyarakat agar segera ke rumah sakit segera apabila mengalami gejala demam dan nyeri badan.

"Gejala dan tandanya berupa demam dan sakit kepala yang hebat sekali nyeri punggung otot dan lemas. Orang dengan tanda-tanda yang saya sebutkan ada demam sakit kepala sebaiknya ya cepat saja ke dokter untuk dilihat apakah itu cacar air apa bukan," jelasnya kepada Pro 3 RRI, Rabu (15/5/2019).

"Ya, orang biasanya menurunkan demamnya saja, lebih baik apapun yang terjadi sebaiknya cepat ke fasilitas layanan kesehatan," tambahnya.

Menurutnya cacar monyet tersebut akan muncul ruam pada kulit terutama wajah dan akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Biasanya penyakit tersebut akan sembuh dalam kurun waktu 2 sampai 3 minggu.

"Memang ada ruam pada kulit yang muncul pada wajah dan menyebar ke tubuh lainnya hampir sama dengan cacar lainnya berisi juga lepuh cairan bening dan isi
nanah kemudian mengeras. Cacar ini memang bisa menghilang 2-3 minggu. Hampir sama dengan cacar yang lain," serunya.

Ia mengimbau agar masyarakat selalu berperilaku sehat, cuci tangan, dan kondisi tubuh harus dalam keadaan sehat atau fit.

"Berperilaku sehat, cuci tangan yang bersih pake sabun, badan kita harus fit karena secara awal kalau tidak fit banyak sekali penyakit yang masuk ke tubuh kita," imbaunya.

"Ya, kemenkes berpesan tolong terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, hal yang paling mudah cuci tangan dengan sabun kemudian tubuh kita harus fit. Hindari kontak langsung, jangan makan daging yang tidak dimasak dengan baik, kalau ada yang infeksi jangan kontak fisik, hindari kontak dengan hewan liar atau mengkonsumsi daging yang diburu dari hewan liar," tandasnya.

Perlu diketahui, pihak berwenang Singapura telah mengonfirmasi kasus monkeypox atau cacar monyet pertama di negara itu, yang didapati pada seorang warga Nigeria yang tiba di Singapura 28 April lalu. Pria 38 tahun itu dinyatakan positif terjangkit virus cacar monyet pada 8 Mei.

Sehari setelah kedatangannya di Singapura, pria tersebut menderita demam, nyeri otot, ruam kulit dan menggigil. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya satu minggu kemudian di kamar hotelnya, hingga akhirnya pada tanggal 7 Mei harus dibawa dengan ambulans ke RS Tan Tock Seng.

Kini ia berada dalam kondisi stabil di bangsal isolasi National Centre for Infectious Diseases (NCID), demikian pernyataan rilis media dari Kementerian Kesehatan Singapura.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00