• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Pengelolaan Sampah Sebaiknya Oleh Dinas Lingkungan Hidup

15 May
14:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sorong: Sampah masih menjadi persoalan serius bagi Pemerintah Kota Sorong, sebab masih ditemukan sampah yang berserakan di beberapa lokasi. Apalagi, belum lama ini Kota Sorong mendapat predikat Kota sedang terkotor di Indonesia.

Terkait persoalan dimaksud, Dinas Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup (PPLH) Kota Sorong terus mengkampanyekan pentingnya menjaga kebersihan di wilayah Kota Sorong.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat, Rudolf Edward Rumbino menyampaikan, pengelolaan sampah di beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Papua Barat selama ini ditangangi oleh instansi teknis terkait sesuai kebijakan daerah masing- masing. Namun, lanjutnya, alangkah baiknya pengelolaan sampah dibawah pengawasan Dinas Lingkungan Hidup, sebab ada bidang yang memang bertugas untuk mengelolah sampah.

“Seperti di Kota Sorong, sebaiknya untuk sampah dikelolah oleh Dinas Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup (PPLH) Kota Sorong, dikarenakan di dalamnya itu ada bidang terkait persampahan dan limbah B3,” Kata Edward Rumbino, Rabu (15/5/2019) di Sorong.

Menurut Edward Rumbino, ruang lingkup kinerja Dinas Lingkungan Hidup cukup luas karena menyangkut lingkungan. Maka sesuai tugas dan fungsinya, kata Edward, dalam pengelolaan sampah sepatutnya dibawah Dinas Lingkungan Hidup.

“Yang pasti kami menyarankan agar pengelolaan sampah ini ditindaklanjuti dengan memberikan tanggung jawab kepada Dinas Lingkungan Hidup sesuai tugas dan fungsinya. Saat ini pengelolaan sampah di bawah tanggung jawab Dinas pemukiman dan perumahan, maka diharapkan agar diambil alih oleh Dinas Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup (PPLH) Kota Sorong, sesuai tupoksinya," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00