• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lebaran Bersama RRI

Jelang Arus Mudik Lebaran, Bus AKAP di Bengkulu Bakal di Cek Kelayakan

15 May
13:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bengkulu : Menjelang datangnya arus mudik Idul Fitri 1440 Hijriah/2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu akan melakukan pengecekan atau rump check terhadap armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang ada di Bengkulu.

"Pengecekan terhadapsemua armada bus yang ada di Provinsi maupun di kota Bengkulu itu, guna memastikan agar angkutan mudik dalam kondisinya sebaik mungkin,” ungkap Kepala Dishub Provinsi Bengkulu melalui Kabid LLAJ, Hasoloan Sormin, kepada jurnalis.

Dikatakan, adapun yang akan dicek dari kendaraan tersebut, soal kelayakan jalannya dengan mengecek ban, remdanmesinnya, masih layak dibawak untuk jarak yang jauh. Artinya, semua aktifitas yang berkaitan dengan angkutan penumpang, dilakukan pengecekan sesuai dengan standar yang ditetapkanatau tidak.

"Pengecekan ini juga berdasarkan peraturan yang dikeluarkan Dirjen Darat Kementrian Perhubungan RI, dimana armada bus harus memiliki standar kelayakan. Dari pengecekan ini nantinya, diputuskan angkutan itu laik jalan atau tidak," terangnya, Rabu (15/5/2019).

Lebih  jauh ditambahkan, untuk kegiatan pengecekan terhadap armada arus mudik lebaran, akan dilakukan bersama aparat kepolisian, dengan langsung mendatangi masing-masing loket bus setempat.

Dalam pengecekan tersebut, pihaknya juga melibatkan PT. Jasa Raharja untuk melakukan tes urin terhadap sopir-sopir bus.

"Dari aspek pengecekan nanti, ada stiker yang ditempel disetiap armada bus yang lulus atau laik jalan. Diharapkan bus-bus yang laik bisa mengangkut para penumpang dengan baik," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00