• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

AIPI: Ketulusan Elite dan Partai Politik Penting untuk Penegakan Demokrasi

15 May
20:15 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Ketua Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Jakarta Dr. Muhammad Noer, MA mengatakan, 

Indonesia sangat membutuhkan ketulusan para elite dan partai politik yang berperan sebagai pilar utama demokrasi, terutama dalam menyikapi hasil Pemilihan Umum 2019 yang sebentar lagi akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

“Partai-partai ini adalah institusi demokrasi yang direformasi 'wajib' menjadi rumah bagi demokrasi di negara kepulauan ini. Elite atau aktor politik ini memainkan peran penting sebagai penggerak utama proses demokratisasi,” ungkapnya dalam Seminar Internasional dengan tema “Pemilu 2019 dan dampaknya pada Demokratisasi dan Pembangunan di Indonesia”, yang digelar Pusat Kajian Sosial Politik- Fakultas Ilmu Sosial Politik (PSKP-FISIP) Universitas Nasional di Kampus UNAS Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019). 

Menurut Muhammad Noer, demokrasi akan mengalami kemunduran dan menjadi lebih buruk karena tindakan para elite. Oleh karena itu, pola hubungan antara legislatif dan eksekutif harus institusional, profesional, dan proporsional dalam sistem presidensial.

“Legislatif dan eksekutif, harus saling melakukan mekanisme checks and balances, dan ini wajib diprioritaskan,” imbuhnya.

Sementara, Dosen Ilmu Politik UNAS, Dr TB. Massa Djafar mengungkapkan, pendekatan legalistik formal, political institusional approach mempunyai asumsi bahwa demokrasi bekerja dipandu oleh sejumlah aturan main, fungsi-fungsi organisasi yang melekat pada institusi demokrasi.

"Semakin maju pelembagaan demokrasi maka demokrasi akan tumbuh dan menuju kedewasaan, demokrasi yang stabil dan maju," ujar Koordinator Program S3 Ilmu Politik Sekolah Pascasarjana UNAS ini. 

Panitia Penyelenggara, Irma Indrayani menjelaskan, kegiatan seminar Internasional ini merupakan salahsatu program dari Pusat Kajian Sosial Poltik sebagai sosialisasi terkait Demokratisasi dan Pembangunan Indonesia.

"Diharapkan dari kegiatan seminar Internasional ini membuka Cakrawala mengenai demokrasi dilintas prodi dan output yang dihasilkan adanya prosiding yang akan kita publish dalam bentuk buku," terangnya.

Turut hadir dalam seminar internasional ini David Chison Oh, Ph.D dari Ramapo College, New Jersey, Amerika Serikat, serta Dr. Gergo Szokt Racz dari Hongaria. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00