• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Perbedaan Monkeypox Dengan Cacar Lainnya

15 May
10:27 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Dinas Kesehatan Kota Batam mengungkapkan perbedaan jelas antara cacar monyet dengan virus lainnya. Kelenjar getah bening menjadi kata kuncia dalam perbedaan yang dimaksud.

"Jadi memang dia mirip sama variola nah bedanya dia kalau diperiksa secara klinis ada pembesaran kelenjar getah bening. Misalnya kalau ruangnya di muka atau itunya di muka ya berarti kelenjar getah bening daerah leher yang besar, kalau di tangan atau kaki ya di selangkangan atau daerah ketiak kelenjar getah beningnya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, dr. Didi Kusmaryadi, dalam Dialog Pro 3 RRI, Rabu (15/5/2019).

Diolah dari berbagai sumber, penyakit ini ditularkan pada manusia melalui hewan, seperti tikus atau hewan pengerat lainnya, terutama di kawasan Afrika Tengah dan Barat. Seseorang bisa terkena virus cacar monyet melalui kontak darah, cairan tubuh, atau mukosa (selaput lendir, red) hewan yang terinfeksi. Gejala penyakit ini, yakni penderita mengalami demam dan muncul ruam-ruam terasa panas di sekujur tubuh.  

Serta awal mulanya, penyakit ini hanya ada di Afrika, terutama di bagian barat, Kongo, Liberia, lalu Pantai Gading, Nigeria. Sebelum merabah ke Singapura.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00