• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Selama Ramadhan,Volume Sampah Meningkat di Kota Padang

15 May
08:20 2019
0 Votes (0)

KBRN, Padang : Berbuka puasa dengan kelapa muda tentu saja menghilangkan dahaga. Namun tahukah anda, selama Ramadan di Kota Padang, ternyata terjadi peningkatan volume sampah mencapai 15 ton per hari, akibat naiknya konsumsi kelapa muda.

Selama ramadhan 1440 Hijriah, volume sampah di kota Padang mulai mengalami peningkatan drastis. 

Sampah yang paling banyak yakni kulit dan batok kelapa muda, jumlahnya mencapai 15 ton setiap hariKepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup, Kota Padang, Deni, Rabu(15/5/2019)

Jumlah tersebut akan terus meningkat jika kondisi cuaca panas. Sedangkan untuk sampah umum setiap hari totalnya 497 hingga 512 ton.

Menurut Deni, volume sampah akan terus meningkat hingga menjelang lebaran. Dengan kondisi itu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang menambah jumlah armada pengangkut sampah. Penambahan armada digunakan untuk patrol sampah di lokasi penjualan kelapa muda ataupun takjil lainnya.

Pengangkutan sampah tersebut melibatkan 73 mobil truk armada pengangkutan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Dingin, ditambah  10 unit mobil pick up, serta 38 mobil truk humbrol, dan  35 unit tipper,” Tutur Deni.

Deni berharap, masyarakat turut serta membantu petugas menekan volume sampah dengan mengurangi konsumsi bahan dalam kemasan. Selain itu, masyarakat diharap untuk membuang sampah pada kontainer atau tong yang telah disediakan petugas.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00