• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga Bawang Putih di Tanah Datar Masih Tinggi, Berkisar Rp65-70 Ribu Perkilogram

14 May
21:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tanah Datar : Harga kebutuhan pokok di Pasar Batusangkar, Sumatera Barat khususnya komiditi Bawang Putih masih tinggi, berkisar Rp65 hingga Rp70 ribu per kilogramnya.

Salah seorang pedagang barang harian di Pasar Batusangkar, Leni (50), mengatakan, lonjakan harga bawang putih didaerah itu mulai terjadi kenaikannya pada awal puasa. Namun puncaknya terjadi pada Kamis minggu lalu yang mencapai harga Rp80 ribu.

“Dalam belakangan ini banyak pedagang harian di Pasar itu tidak menjual bawang putih karena harganya yang melewati batas dikarenakan harga dari penyuplai juga tergolong tinggi,” ulasnya, Selasa (14/5/2019).

Saat ini ujar Leni, harga bawang putih sudah beransur turun, pada saat harga tinggi kemaren hanya dua orang pedagang saja yang menjual bawang putih di pasar Batusangkar ini," Katanya.

Sementara Yose pedagang lainnya, mengatakan, naiknya harga bawang putih juga berdampak kepada daya beli masyarakat sehingga banyak pedagang yang tidak berani menstok bawang putih tersebut. 

"Pada hari Kamis lalu, harga bawang putih sempat tembus Rp 80 ribu per kilogramnya, sehingga berpengaruh pada daya beli masyarakat. Namun sekarang sudah kembali beransur turun lagi," ulasnya.

Tim Gabungan juga menanyai para pedagang akan kondisi jual beli kebutuhan pokok saat ini. pada umumnya para pedagang mengeluhkan terkait bawang putih.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdangangan Tanah Datar, Marwan, menyebutkan, pada umumnya keluhan yang kita terima adalah soal harga bawang putih.

“Nantinya hal ini menjadi masukan bagi tim untuk dibahas lebih lanjut, sehingga dapat dicarikan solusi apa yang harus dilakukan untuk menstabilkan kembali harga bawang putih ini,” ungkapnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00