• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Cegah Cacar Monyet, Dinkes Riau Minta KPP Pantau Penumpang dari Singapura

14 May
21:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Di Singapura saat ini sudah ada satu orang warga negara Nigeria yang terserang penyakit cacar monyet atau disebut monkeypox.

Dengan sudah adanya manusia yang terjangkit cacar monyet di Singapura, maka Provinsi Riau yang berbatasan dengan Singapura mengambil langkah antisipasi agar penyakit tersebut tidak masuk ke Riau.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan sejauh ini belum ada ditemukan warga Riau yang terinfeksi cacar monyet, tetapi pihaknya sudah meminta kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang datang dari Singapura dan Batam.

"Sampai sekarang kita belum ada temukan masyarakat yang terkena cacar monyet, meski belum ada yang terdeteksi terjangkit penyakit itu, kita tetap meminta KKP untuk memeriksa setiap penumpang yang datang dari Singapura maupun Batam," katanya, Selasa (14/5/2019) di Pekanbaru.

Dijelaskan selain melakukan pemeriksaan terhadap penumpang di bandara, KKP juga diminta memeriksa setiap penumpang yang melewati jalur laut ke Batam ataupun Singapura.

"Selain memeriksa penumpang di bandara, KKP juga kita minta untuk mengawasi dan memeriksa penumpang yang ada di pelabuhan, khususnya penumpang dari Batam dan Singapura," ujarnya.

Diimbau kepada masyarakat, untuk saat ini jangan dulu bepergian ke luar negeri, khususnya ke Singapura jika tidak ada keperluan yang mendesak.

"Saya harap untuk sekarang warga Riau jangan dulu pergi ke luar negeri, terutama ke Singapura, jika tidak ada keperluan penting disana,"  imbaunya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00