• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Indonesia Luncurkan Pelatihan Lintas Sektoral Atasi Ancaman Pandemi

14 May
10:10 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menegaskan komitmen kerjasama lintas sektoral untuk atasi ancaman pandemi dengan meluncurkan Pelatihan Investigasi Kejadian Luar Biasa (KLB)/Wabah Terpadu dengan Pendekatan One Health bagi petugas epidemiologi lapangan di kantor Kemenko PMK, Selasa (14/5/2019).

“Indonesia harus selalu waspada dalam menghadapi wabah penyakit yang bisa datang kapan saja dan tidak terduga, seperti kasus Monkeypox yang sedang terjadi di Singapura dan berpotensi untuk masuk ke Indonesia,” tutur Plt. Deputi Peningkatan Kesehatan, Kemenko PMK, Dr. Tb. A Choesni, Selasa (14/5/2019).

Pelatihan yang menggunakan metode pembelajaran campuran ini menggabungkan metode belajar tatap muka di kelas, praktik lapangan, dan pembelajaran jarak jauh melalui platform e-learning. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas Indonesia dalam memperkuat sistem kesiapsiagaan secara terpadu, terutama bagi petugas epidemiologi lapangan di tingkat kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Sejauh ini, Pemerintah Indonesia telah menetapkan 5 (lima) penyakit prioritas berpotensi wabah, yaitu: Rabies, Flu Burung, Leptospirosis, Bruselosis, dan Antraks. Penyakit-penyakit tersebut menelan korban jiwa serta kerugian ekonomi yang sangat besar nilainya setiap tahun.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00