• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

DPRD Buleleng Tetapkan Perda Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindak Kekerasan

14 May
05:08 2019
1 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD atas Ranperda tentang perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan, Ranperda tentang perubahan atas perda Nomor 20 Tahun 2011 tentang retribusi pelayanan, kesehatan dan renperda tentang PT. BPR Bank Buleleng 45 (PERSIRODA) dilakukan Senin (13/5/2019) siang di ruang gabungan komisi, DPRD Buleleng.

Dalam penyampaian pandangan fraksi tersebut menyetujui dua ranperda disahkan menjadi perda yaitu ranperda tentang perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan dan ranperda tentang perubahan atas perda Nomor20 Tahun 2011 tentang retribusi pelayanan kesehatan. Sedangkan khusus untuk renperda tentang PT. BPR Bank Buleleng 45 (PERSIRODA) menunggu pembahasan lebih lanjut hingga ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Bulelengatau ditunda untuk sementara.

Kepala Dinas PPKBPP-PA Kabupaten Buleleng, Made Arya Sukertaberharap denganterbentuknya Perda tentang perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasanakan mampu menjadi payung hukum bagi pemerintah dalam melakukan penanganan termasuk menyiapkan anggaran.

“Kemudian dia akan menjadi payung hukum dalam pemberian perlindungan, pemberian pemberdayaan kepada yang bersangkutan dan pemerintah juga dalam hal ini kami sebagai unit teknis juga mempunyai azas legalitas untuk kami menganggarkan,” ucap Arya Sukerta.

Hal senada diungkapkan Ketua Pansus I DPRD Buleleng, Ni Kadek Turkini, dimana dalam Perda tentang perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasanlebih menekankan pada upaya pendampingan secara hukum termasuk pembentukan rumah aman.

“Ini yang kita harapkan untuk kedepan dari Dinas KB PP untuk membuat RKA anggaran rumah aman beserta kelengkapannya, termasuk pendampingan dan tenaga harian lepas diluar daripada pegawai negeri yang nantinya dipekerjakan,” ungkap Turkini.

Setelah disetujui menjadi perda, selanjutnya masing-masing pansus akan meminta persetujuan kepada DPRD Buleleng dalam Rapat Paripurna yang rencananya akan digelar Kamis 16 Mei 2019 mendatang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00