• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

DPR Sambut Baik Usulan ICW soal Pansel KPK

13 May
15:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan pihaknya menyambut baik usulan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang mendorong Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk segera membentuk panitia seleksi (Pansel) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

ICW mendorong pembentukan Pansel KPK karena empat tahun yang lalu, mereka dibentuk juga pada bulan Mei.

"Menurut saya memang momentumnya sudah tepat apa yang disampaikan ICW. Dan kami parlemen mendukung jika presiden segera membentuk pansel yang dimaksud," kata Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/5/2019).

Pembentukan Pansel KPK itu kata mantan Ketua Komisi III DPR RI itu, guna memberikan kesempatan bagi DPR RI untuk menyaring para calon pimpinan KPK.

"Agar penyaringan bisa lebih teliti sehingga menghasilkan 10 nama yang berkualitas untuk nanti dipilih 5 oleh DPR," ujarnya.

Seperti diketahui, Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Presiden Joko Widodo segera membentuk Panitia Seleksi (pansel) pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode V.

ICW berharap Jokowi segera membentuk pansel pimpinan KPK pada bulan ini. Hal ini agar pimpinan KPK yang baru bisa dilantik tepat waktu, yakni pada akhir 2019 atau berbarengan dengan berakhirnya masa kepemimpinan Agus Rahardjo dkk. 

Tak hanya itu, kinerja pansel KPK memiliki proses panjang, seperti publikasi publik, proses administrasi, wawancara dan meminta saran dari publik.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00