• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Pemkab Nias Selatan Gelar Nias Yacht Rally 2019

13 May
14:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Nias Selatan : Dalam rangka mengawali kegiatan Sail Nias 2019 yang akan digelar Bulan September mendatang, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan menggelar event Nias Yacht Rally 2019. Pelaksanaan event tersebut ditandai dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan di Pelabuhan Lama, Teluk Dalam, Senin (15/5/2019). 

Event  tersebut diikuti oleh 9 kapal layar asing dari 6 negara yaitu Belgia, Alaska, Perancis, Kanada, Inggris dan Malaysia yang berlabuh di Pelabuhan Teluk Dalam. 

Selama lima hari lebih ke depan para pelayar asing akan berada di Nias Selatan dan melakukan berbagai kegiatan bersifat Human Touch, hidup dengan masyarakat, berkunjung ke desa-desa yang dan sekolah, menyaksikan pagelaran budaya khas Nias Selatan, bertemu dan berdialog dengan para tokoh adat di Desa Tradisional, serta melihat dan merasakan kearifan lokal masyarakat desa di Kabupaten Nias Selatan. 

Kegiatan diawali dengan penyambutan para pelayar dengan tari tradisional dan pemberian sekapur sirih. 

Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha pada pembukaan event tersebut mengatakan Nias Yacht Rally ini akan dijadikan agenda tahunan kepariwisataan Kabupaten Nias Selatan, karena kunjungan kapal layar asing merupakan segmen kepariwisataan yang sangat potensial untuk peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara. 

“Penyelenggaraan event tahunan ini kedepan tidaklah mudah, oleh karena itu kami mohon dukungan komitmen dari berbagai pihak, secara khusus dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI dan Kementerian Pariwisata RI dalam hal pembenahan SDM dan infrastruktur kepariwisataan dan kemudahan urusan keimigrasian wisatawan mancanegara dari Kemenkumham RI mengingat semakin meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara di Kabupaten Nias Selatan,” ujarnya. 

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik kepada setiap tamu yang datang khususnya kepada wisatawan mancanegara dan lokal dan menciptakan suasana yang aman dan nyaman. 

Hilarius menambahkan, jelang menghadapi pelaksanaan Sail Nias 2019 yang tidak lama lagi, ia berharap agar dilakukan percepatan, kerjasama dan kerja keras dari stakeholder serta elemen masyarakat agar mempersiapkan berbagai hal agar pelaksanaan Sail Nias 2019 sukses dan berdampak positif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di kepulauan Nias. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00