• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polres Cirebon Amankan Pria Penyebar Video Ujaran Kebencian yang Adu Domba Polri vs TNI

13 May
14:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cirebon : Jajaran Polres Cirebon menangkap pria berinisial I.A.S tepat di kediamanya yang berlokasi di Blok Kolem, Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Senin (13/4/2019).

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto mengatakan IAS ditangkap karena dugaan video ujaran kebencian dan berita bohong yang dibuatnya dan disebarkan melalui Media Sosial Facebook dan viral.

"Nah, vdeo yan dibuat isinya ujaran kebencian dan provokatif, bahkan itu isinya mengadu domba TNI dan Polri, dan mengaitkan tentang Hari jadi PKI," ujar AKBP Suhermanto. 

Lebih lanjut AKBP Suhermanto menuturkan, tim penyidik masih mendalami modus IAS dalam membuat video yang berisi ujaran kebencian, hoax dan adu domba antara Polri dan TNI dan sejauh ini baru satu orang yang diminta keterangan.

"Itu isinya dalam video yang beredar, IAS meminta masyarakat untuk tidak takut dengan instruksi Kapolri Jenderal Tito Karnavian soal tembak di tempat kepada penganggu keamanan dan ketertiban saat pemilu. IAS sempat menyebut, latar belakang keluarganya berasal dari anggota TNI.n Sehingga siap melawan Polri apabila ada korban jiwa, intinya siap tempur karena tidak semua anggota TNI ikuti perintah Panglima, apalagi rakyat sudah marah," ucap AKBP Suhermanto.

IAS dijerat dengan Pasal 45a ayat 2 juncto pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tetang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau pasal 14 dan/atau pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946. Ancaman hukumannya pidana penjara selama enam tahun dan denda Rp 500 juta. Sampai saat ini IAS masih berada di Polres Cirebon untuk menjalani Pemeriksaan lebih lanjut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00