• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Penanganan Persoalan Gajah Perlu Solusi Jitu

11 May
18:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takengon : Berulang kali aksi penggiringan gajah liar dilakukan masyarakat di wilayah tengah Aceh, seperti Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Seolah menjadi akfititas rutin tahunan. Tidak saja masyarakat yang mengaku lelah dengan kondisi tersebut. Pemerintah daerah juga menginginkan persoalan gajah masuk perkebunan dan pemukiman penduduk tidak kembali terjadi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah Thamrin Elashri, menginginkan Pemerintah lebih tinggi memikirkan nasip masyarakat dengan langkah jitu agar gajah tidak masuk ke perkebunan dan pemukiman penduduk.

“Kami atas permintaan masyarakat telah mengirimkan logistic seperti spirtus dan mercun untuk upaya menakut-nakuti gajah agar menjauh dari perkebunan, hanya sekedar menghalau sementara. Kita kedepan berharap dari BKSDA atau yang terkait dapat ada solusi dalam penanganan ini sehingga tidak mengganggu masyarakat disekitarnya,”ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tengah Thamrin Elashri, di release, Sabtu (11/5/2019)

Sebelumnya Camat Ketol, Hardi Selisihmara juga telah menyampaikan keluhan masyarakat agar Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat turun tangan dan berperan aktif dalam persoalan habitat gajah.

Hardi bahkan menyampaikan opsi diantaranya pembuatan koridor khusus gajah maupun Taman Hutan Rakyat (Tahura) gajah yang melibatkan Kabupaten Kota yang sering disambangi hewan dilindungi itu.

“Makanya saya kira harus ada kesepakatan antara kita Pemerintah bahwa harus dibuat koridor gajah, apakah dalam bentuk penanganan khusus, tahura atau apa. Tapi itu merupakan wilayah yang besar dan tidak satu Kabupaten saja, jadi melibatkan Pemerintah Kabupaten dan Provinsi dan Pemerintah Pusat juga mesti punya perhatian,”ujar Camat Ketol Hardi Selisihmara

Dilaporkan lebih dari 26 kawanan gajah berada di perkebunan penduduk di desa Karang Ampar dan Bergang, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah.

Masyarakat melakukan jaga malam agar gajah tidak meluas memasuki perkebunan penduduk dan permukiman.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00