• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Kompak ! Cerita Tim Inggris Dominasi Panggung Elit Liga Eropa UEFA

11 May
16:56 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Musim ini sejatinya bisa dikatakan menjadi musimnya para Tim Liga Inggris untuk memenuhi panggung elitnya Liga Champion dan Liga Eropa.

Contohnya seperti di liga Champion, terbukti setelah memenangkan pertandingan penentuan antara Liverpool lawan  Barcelona, Liverpool main dengan beringas di Anfield pada, Rabu (8/5/2019) lalu.

Padahal di leg pertama ketika bermain di markas Barcelona, Liverpool lemah tak berdaya dihajar Barcelona dengan skor 3-0, gol tersebut dicetak oleh mantan penyerang andalan Liverpool Luis Suarez, dan dua gol oleh penyerang lincah Lionel Messi.

Sepak bola memang bundar, Liverpool yang tidak di jagokan untuk melaju ke final akhirnya bisa membalikkan keadaan di stadion angker Anfield, ini membuktikan kekuatan sejati Anfield, hingga musim 2018-2019 berjalan, Liverpool tidak pernah kalah di kandang.

Gol-gol yang memiris hati para punggawa Barcelona tersebut di cetak oleh gol cepat D. Origi pada menit ke 7, 79 dan G. Wijnaldum 54, 56.

Kekalahan tersebut ukir kembali catatan buruk Barcelona di pentas Liga Champion pada leg kedua bermain di tandang, setelah musim lalu juga gugur dengan comebacknya As Roma.

Sedangkan dari tim Inggris Tottenham, bermain di kandang pada leg pertama, bukan menjadi jaminan untuk menjadi pemenang, Ajax mampu mencuri gol lebih dulu lewat sontekan Van de Beek (15).

Hal tersebut membuat kubu Tottenham menjadi pr tersendiri di leg kedua nanti.

Namun, dewi fortuna sepertinya lebih menyukai Tottenham ketimbang Ajax, bermain di kandang Ajax, babak pertama berjalan, Ajax dengan mulus menceploskan gol demi gol.

gol tersebut di cetak oleh De Ligt (5), dan H. Ziyech (35), nampaknya gol-gol itu sedikit membuat kubu Tottenham merasa ada dorongan ekstra.

Babak kedua berjalan, Tottenham bermain layaknya film Sparta, habis-habisan, dan penuh energi, penyerang Tottenham Lucas Moura berhasil menjadi mimpi buruk kubu Ajax lewat gol-golnya di menit ke (55), (59), (90+6).

Kemenangan tersebut memastikan langkah Tottenham untuk menantang lawan sekotanya Liverpool pada laga final liga Champion nanti, Minggu (2/6/2019) di Madrid, Wanda Metropolitano.

Masih di Liga Eropa, di leg pertama Chelsea yang berhadapan dengan Eintracht Frankfurt harus puas dengan hasil imbang 1-1, di kandang Commerzbank Arena, Jumat (3/5/2019) lalu.

Gol-gol tersebut dicetak oleh Luka Jovic (23) dan Perdo Rodriguez (45).

Namun di leg kedua, pertandingan antar Chelsea dan Eintracht Frankfurt harus berakhir dengan adu pinalty, setelah pada babak pertama gol dari Ruben Loftus Cheek (28) harus di counter oleh Luka Jovic (49).

Markas Chelsea, Stamford Bridge sepertinya memberikan kekuatan extra, Chelsea secara dramatis harus menang lewat adu pinalty, Chelsea menang 4-3, Jumat (10/5/2019).

Sementara itu wakil Inggris lainnya yang bermain di Liga Eropa yakni Arsenal di leg pertama berhasil tunddukkan lawannya Valencia dengan skor 3-1.

Bermain di Stadion Emirates dengan mudah para pemain Arsenal menjebol gawang Valencia, gol-gol tersebut diciptakan oleh Lacazette (18), (25), dan Aubameyang (90), sedangkan Valencia hanya membalas satu gol dari M. Diakhaby (11).

Lanjut ke leg kedua, Arsenal yang sudah lebih dulu mempunyai modal kemenangan kandang, harus kembali bermain di markas Valencia, Mestalla Jumat (10/5/2019).

Valencia yang bermain ngotot mampu mencuri gol lebih dulu lewat sontekan Kevin Gameiro (11), (58), namun Arsenal yang percaya diri bisa memenangkan pertandingan akhirnya mampu membuat gol-gol penentu.

Gol-gol tersebut diciptakan oleh Hattrick Aubameyang (17), (69), (88), dan Lacazette (50), skor menjadi 2-4 dalam agregat 3-7.

Selanjutnya di final, Arsenal akan menghadapi Chelsea yang menjadikan Derby final liga Eropa.

Kemenangan-kemenangan tersebut membuat panggung elit Liga Eropa menjadi pentasnya Tim-tim Liga Inggris dan menjadi sebuah sejarah baru di catatan sepakbola dunia.

Pada piala Super UEFA CUP nanti, juga akan menghadirkan para pemenang Liga Champions dan Liga Eropa yang diisi oleh keempat tim Inggris tersebut, yakni Liverpool, Tottenham, Arsenal dan Chelsea, pada Rabu (14/8/2019).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00