• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Ingin Mendaki Gunung Semeru, Simak Cara Booking Sistem Virtual Account

10 May
10:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Meski sempat ditutup untuk kepentingan pemulihan ekosistem, kini pendakian ke Gunung Semeru kembali dibuka. Bahkan, saat ini sistem booking online TNBTS sudah mengalami perbaikan melalui sistem virtual account . Layanan virtual account ini untuk memudahkan pengunjung dalam melakukan pendaftaraan pendakian Semeru.

"Dengan layanan booking online sistem virtual account, calon pendaki tidak harus melalui mekanisme menunggu konfirmasi  admin pendakian Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru," kata Kepala BB TNBTS, John Kenedie, Jumat (10/5/2019).

Ia menjelaskan, informasi lengkap mengenai mekanisme pendakian dapat dilihat melalui http://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/. Setelah membuka website tersebut, calon pendaki haris mencermati SOP pendakian sebelum melakukan pendaftaran, kemudian memilih jadwal pemberangkatan dan kepulangan.  

"Lalu isi form dengan mencantumkan biodata lengkap. Nantinya konfirmasi pembayaran akan dikirimkan melalui email dan SMS pada ketua kelompok pendakian," ujarnya.

"Setelah melakukan proses pendaftaran, cek kode booking melalui email atau halaman website booking online untuk mendapatkan virtual account," imbuhnya.

Sementara terkait pembayaran, batas waktunya adalah 5 jam setelah pembayaran. Jika lebih dari 5 jam, maka kode booking akan hangus. Nantinya ketua kelompok akan menerima SMS dan bukti pembayaran. "Pembayaran hanya dilakukan dengan virtual account," ungkap John.

Proses terakhir adalah mencetak lampiran. Cek email dan masukkan kode booking pada menu pencaian di halaman website booking online. "Cetak juga bukti pendaftaran, surat pernyataan dan daftar perlengkapan untuk dibawa ke lapangan," tandasnya.

BB TNBS berharap para pendaki yang akan melakukan pendakian ke puncak Semeru memperhatikan sejumlah hal demi keselamatan. Diantaranya mentaati prosedur, menggunakan jalur resmi, mempersiapkan fisik dan mental mengingat pendakian adalah wisata minat khusus.

"Selamat melakukan pendakian ke puncak Semeru, jadikan ekologi TNBTS sebagai sahabat sejati yang harus dijaga dan dilestarikan," pungkas John. Sumber foto: bromotenggersemeru.org

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00