• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

Tingkatkan Kepedulian terhadap Lingkungan Melalui Program DSL

10 May
10:40 2019
0 Votes (0)

KBRN, Singaraja : Hari ketiga Pembinaan Desa Sadar Lingkungan menyasar Desa Jagaraga wakil Kecamatan Sawan, Kamis (9/5/2019) dilaksanakan di Balai Pertemuan kantor desa setempat.

Delapan aspek ditekankan saat pembinaan yang akan dilanjutkan dengan evaluasi bulan Juli mendatang. Pembinaan dipimpin langsung Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Nyoman Suarjana.

Wujudkan lingkungan bersih dari sampah khususnya sampah plastik harus dimulai dari diri sendiri. Memang masalah sampah sudah menjadi masalah yang harus ditangani serius. Oleh sebab itu, Dinas Lingkungan Hidup sebagai leading sector terus melakukan koordinasi menggandeng beberapa instansi untuk ikut mensosialisasikan gerakan hidup bersih.

Melalui gerakan sadar lingkungan dimotori Desa Pakraman nantinya diperoleh hasil maksimal. Mengingat masalah sampah dan kebersihan lingkungan tentunya harus ada sentuhan dari berbagai komponen. Memang program DSL telah digelontorkan 13 tahun silam, tahun 2019 DLH kembali menyelenggarakan kegiatan yang sama menyasar 9 desa pakraman di masing-masing kecamatan.

Pejabat Desa Jagaraga, Gede Danayasa kepada RRI mengatakan, di desa setempat telah dilakukan pemilahan sampah. Sampah organik diolah menjadi pupuk kompos sendangkan sampah anorganik dipilah bila telah terkumpul dijual bekerjasama dengan Bumdes setempat.

“Ini masih tahapannya pemberdayaan masyarakat, pertama sudah ada tempat pengolahan sampah terpadu, sudah ada petugasnya, termasuk alat-alat prasarana juga sudah lengkap,” ungkapnya.

Sementara Klian Desa Pakraman Desa Jagaraga, Nyoman Parta menyatakan akan mengindahkan apa yang menjadi kesepakatan terlebih masalah kebersihan menjadi masalah yang harus dikerjakan bersama-sama.

Pembinaan menyasar kawasan suci, kawasan pemukiman, kawasan umum, kawasan pendidikan dan kawasan perairan. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00