• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Dana Desa Kampung Juaq Asa-Kubar Fokus Pengembangan Wisata

9 May
21:56 2019
1 Votes (5)

KBRN, Sendawar : Pemerintah Pusat menyalurkan Dana Desa (DD) untuk seluruh Desa/Kampung di Indonesia dalam rangka meningkatkan status Kampung, yang tertinggal bisa naik jadi berkembang atau sangat berkembang bahkan bisa maju dan mandiri. Dengan harapan pengelolaan DD betul-betul dikelola untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa/Kampung masing-masing.

Di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), terdata ada 190 Kampung, yang menerima Dana tersebut dengan nilai bervariasi, menyesuaikan keadaan geografis kampung, jumlah penduduk dan lain-lain. Salah satunya Kampung Juaq Asa Kecamatan Barong Tongkok.

Kepala Kampung Juaq Asa, Adrianus kepada RRI Sendawar, Kamis (9/5/2019) mengatakan, tahun 2019 ini, Kampung Juaq Asa menerima kucuran Dana Desa sebesar Rp.780.000.000. Dimana sesuai Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam). Kampung Juaq Asa masih fokus dalam Pengembangan Pariwisata dan Kegiatan UKBM serta bidang lainnya, dengan tujuan untuk meningkatan pemberdayaan masyarakat Kampung.

“Alasan utama Kampung Juaq Asa masih fokus ke Pengembangan sektor Pariwisata adalah untuk mengembangkan potensi ekowisata dari hutan adat Hemaq Beniung dengan harapan nantinya akan bisa membuka lapangan pekerjaan dan membuka berbagai macam peluang usaha bagi masyarakat di Kampung Juaq Asa,”katannya.

Untuk itu, Ia mengharapkan dukungan dari semua elemen dilingkup Pemerintahan Kampung Juaq Asa, agar setiap kegiatan yang dilaksabakan dapat terlaksana dengan baik dan dapat berdampak pada perekonomian warga di Wilayah tersebut.

“Satu pesan dari Pak Jokowi saat menyerahkan SK pengakuan Hutan Adat Hemaq Beniung, yang masih saya ingat adalah meminta agar kami bisa mengelola dan mengembangkan hutan adat di Daerah masing-masing, agar bisa berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat disekitarnya. Nah hal inilah yang membuat Pemerintah Kampung Juaq Asa masih fokus mengembangkan pariwisata alamnya. Saya harap masyarakat-pun ikut mendukung,”tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00