• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Cara Mitra Seni Indonesia Jelita Lestarikan Musik Tradisional

9 May
17:10 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Mitra Seni Indonesia Jelita (MSI Jelita) kembali pentas melalui pergelaran Gerakan Batik Nusantara di Jakarta Convention Center, Kamis (9/5/2019).

Melalui pentas ini, MSI Jelita semakin menunjukkan musik tradisional dapat terus dikembangkan tidak hanya dari segi gender yang kerap dimainkan oleh laki-laki. Namun, para kaum hawa dapat juga menunjukkan keindahan bermusik yang tidak hanya menghibur ruang dengar tapi juga melestarikan budaya dalam negeri dengan melebarkan sayap hingga ke luar negeri.

"Sebenarnya kita banyak sekali musik tradisional yang harus kita kembangkan dan dimasyarakatkan. Kayak musik kolintang, originally, itu dimainkan oleh laki-laki, tapi kita di sini karena anggota MSI itu kebanyakan ibu-ibu sehingga ini kita mainkan juga. Ini salah satu bentuk kita melestarikan alat musiknya dan musik tradisional," tutur Ketua Umum MSI Jelita, Sari Ramdhani, Kamis (9/5/2019).

Sejalan dengan itu, Kordinator Tangklung MSI, Ine Soemiatno melihat langkanya alat maupun musik yang dimiliki oleh Indonesia seharusnya dapat menjadi misi penting bagi generasi muda untuk menerukan bambu dan kayu estafet ini.

"Dua jenis musik etnik ini memiliki satu khas dari dua alam lingkungan bambu dan kayu musik indah, saya kira negara lain tidak punya. Makanya saya ingin melestarikan dan Insyallah secara resmi nanti akan memertunjukkan seni musik ini di nusantara dulu kemudian dilebarkan ke mancanegara," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00