• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Setelah Wisata Rafting, Desa Sudaji Akan Kembangkan Wisata Paralayang Pertama di Bali Utara

9 May
11:18 2019
1 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Salah satu potensi besar yang dimiliki Desa Sudaji, Kecamatan Sawan selain kearifan lokal yang disuguhkan juga menyimpan potensi di sektor olahraga dan pariwisata. Setelah sebelumnya berhasil merintis objek wisata Gandameru sebagai wisata rafting pertama kali di Bali Utara. Kini Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gandameru Desa Sudaji mulai kepakkan sayap merintis obyek wisata Paralayang. 

Ketua Pokdarwis Gandameru Desa Sudaji, Gede Panca mengungkapkan karakter topografi Sudaji selain sangat cocok sebagai wisata rafting, juga memiliki wilayah perbukitan yang bisa dimanfaatkan sebagai titik start olahraga paralayang. Nilai lebihnya, wisatawan bisa menikmati keindahan hamparan sawah dan sungai Desa Sudaji dari atas ketinggian sehingga memberikan sensasi tersendiri bagi wisatawan saat berkunjung ke Bali Utara.

“Kedepannya kita pikirkan untuk menggali potensi ketinggian di bagian atas, sebelum bukit jambul itu. Aksesnya perlu kita buat, dan jika bisa dilalui motor saja itu memudahkan untuk membuat spot paralayang,” ungkap Ketua Pokdarwis Gandameru, Kamis (9/5/2019).

Dengan potensi wisata dan olahraga yang cukup menarik tersebut, pihaknya optimis mampu menarik wisatawan, baik nasional maupun internasional. Gede Panca berharap perlunya dukungan berbagai pihak dalam mewujudkan objek wisata paralayang pertama kali di Bali Utara.

“Kita gandeng investor, jadi kita akan fasilitasi. Desa adat, masyarakat, pemerintah juga perlu ikut sebagai kesatuan. Paralayangnya milik desa adat pelakunya adalah orang professional,” imbuhnya.

Keberadaan obyek wisata paralayang nantinya juga diharapkan mampu menyokong  sektor perekonomian melalui sport tourism yang dikelola warga Desa Sudaji.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00