• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Menlu RI-Palestina Bertemu di New York, Bahas Dukungan dan Komitmen Presidensi Indonesia di DK PBB

9 May
11:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Presidensi Indonesia di Dewan Keamanan PBB pada periode Mei 2019, telah dimulai dengan sejumlah kegiatan utama.

Diantaranya, pameran foto yang memamerkan kontribusi Pasukan Perdamaian Indonesia serta Sidang Terbuka pada 7 Mei. 

9 Mei pun akan menjadi momentum istimewa, sebab Indonesia akan menggelar Arria Formula Meeting atau Pertemuan Informal yang membahas mengenai Kependudukan Ilegal oleh Israel di Palestina. 

Rabu (8/5/2019), Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Al Maliki, tiba di New York, Amerika Serikat dan langsung melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. 

Pertemuan yang dilakukan di kantor Perwakilan Tetap RI (PTRI) tersebut, membahas 3 hal utama yang berkaitan dengan perjuangan rakyat Palestina.

Menlu Retno Marsudi mengatakan, atas nama rakyat Palestina, menlu Riyad Al Maliki, menyampaikan apresiasi tinggi atas komitmen Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina termasuk dengan akan menggelar Arria Formula Meeting pada 9 Mei. 

"Konsultasi hari ini membahas mengenai tiga hal, diantaranya Arria Formula Meeting besok. Jadi, sampai sekarang persiapannya tidak ada masalah. Menlu Palestina menyampaikan terimakasih selama Presidensi Indonesia mengadakan peremuan Arria Formula Meeting dan mengundang menlu Palestina. INi menunjukkan dukungan Indonesia terhadap perjuangan Palestina. Beliau bilang bahwa not strange for Indonesia to hold this kind of meeting. Karena, keberpihakan terhadap palestina sangat kentara," ujar Retno Marsudi ketika menggelar press briefing Rabu (8/5/2019), di New York, Amerika Serikat. 

Lebih lanjut Retno menambahkan, dalam pertemuan tertutup itu menlu Riyad Al Maliki juga menyampaikan perkmebangan terakhir terkait kondisi Gaza dan berharap situasi saat ini tidak berkembang buruk. 

"Beliau mengatakan bahwa ceasefire (gencatan senjata) sudah tercapai. Semoga tidak ada provokasi baru yang bisa memunculkan kekerasan yang baru. Kita minta seluruh pihak untuk menahan diri dan tidak melakukan provokasi," jelasnya. 

Retno Marsudi menyatakan, Indonesia mendorong agar isu terakhir mengenai situasi di Palestina turut dibahas dalam konferensi tingkat tinggi organisasi kerjasama Islam (KTT OKI) pada akhir Mei di Arab Saudi. 

"Ini merupakan saat yang tepat bagi negara-negara muslim menunjukkan keberpihakannya terhadap perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka," imbuh Retno Marsudi.

Sementara, Kuwait dan Afrika Selatan merupakan co-sponsor bagi penyelenggaraan Arria Formula Meeting yang merupakan rangkaian agenda dalam Presidensi Indonesia di DK PBB periode Mei 2019.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00