• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Kejelian Jurgen Klopp Kunci Sukses Liverpool Singkirkan Barcelona

8 May
12:10 2019
1 Votes (5)

KBRN, Purwokerto : Kejelian pelatih Jurgen Klop dalam meracik strategi menjadi kunci sukses Liverpool menyingkirkan Barcelona dalam leg kedua Semifinal Liga Champoin, Kamis (8/5/2019) dini hari tadi.

Pengamat sepakbola asal kota Purwokerto, Rashif Abitia mengatakan, kecerdasan Klopp menempatkan tiga gelandangnya yakni Fabinho, Henderson dan James Milner untuk mencegah dominasi Barcelona di lini tengah.

"Nyatanya ketiga gelandang ini saya lihat memiliki peran vital dalam menyuplai alur bola untuk serangan Liverpool, bahkan terlihat Henderson dipaksa untuk tampil lebih menyerang," kata Rashif kepada RRI, Rabu (8/5/2019).  

Selain itu, lanjut Rashif, James Milner juga terlihat sangat disiplin saat menyerang dan bertahan, sementara Fabinho terlihat tidak pernah mendekat ke jantung pertahanan Barcelona, dia disiplin dalam menjaga .

"Hasilnya bisa kita lihat sendiri, asuhan Jurgen Klopp tampil sempurna di babak pertama, sekaligus mampu mencuri satu gol, dan itupun lewat skema permainan yang sangat baik," lanjut Rashif

Rashif menilai keberanian Klopp memainkan Wijnaldum di babak kedua menggantikan Henderson, juga menjadi kunci kemenangan Liverpool dini hari tadi,karena dengan masuknya pemain dengan nmer punggung 46 ini membuat Liverpool tampil lebih agresif di babak kedua.

"Dengan masuknya dia (Georginio Wijnaldum) membuat lini depan yang biasa di ekploitasi oleh Salah dan Firminho menjadi lebih hidup, nyatanya dia bisa menjawab kepercayaan Klopp lewat dua gol yang dilesakkannya," lanjut Rashif.

Perjudian Valverde dengan menempatkan Trio Rakitic, Vidal dan Busquet menurut Pria penyuka Chelsea ini, juga menjadi titik minus taktik Valverde di Anfield pagi tadi.

"Terlihat Arturo Vidal seolah bekerja sendiri lho, sehingga tidak optimal dalam membantu serangan Barca. Selain itu,  ketidakmampuan Busquets dalam membaca permainan Henderson yang begitu liar menurut saya juga menjadi titik lemah Barcelona," terang Rashif

Menurut Rashif yang juga Pembina Komuintas Chelsea Purwokerto, Aliran Bola dari gelandang Barca yang tidak ciamik seperti  biasanya membuat Trio penyerang Barcelona kesulitan.

"Bisa dilihat sendiri kan? baik Messi, Countinho maupun Suarez sering turun sampai ke lini tengah untuk mengambil bola, ditambah lagi beberapa peluang emas Barca juga tidak mampu dimanfaatkan secara maksimal, hasilnya bisa kita lihat sendiri," tambah Rashif. 

Hasil ini membuat ambisi Barcelona meraih treble musim ini sirna. Barcelona tersingkir dengan agregat 3-4, setelah sebelumnya di Camp Nou, Barca menang dengan skor 3-0.

"Saya rasa dengan skema permainan seperti ini, Liverpool bisa berbicara banyak di laga Final 2 Juni mendatang," tutup Rashif. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00