• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dongkrak Kunjungan Wisata, DIY Kembangkan Paket Wisata Religi

7 May
20:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Kunjungan wisata di DIY selama bulan suci Ramadhan biasanya mengalami penurunan signifikan, sehingga perlu langkah strategis yang diambil untuk meningkatkan jumlah kunjungan. 

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan, sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisata ke DIY selama bulan Ramadan, dikemas paket kunjungan wisata religi di DIY sinergi dengan daerah sekitar.

"Disetiap bulan Ramadhan ini wisatawan menurun ya, dari jumlah data tahun-tahun yang lalu itu kalau kita melihat itu di bulan Ramadhan memang menurun, dibanding dengan bulan biasa seperti Februari yang low season, namun lebih tinggi dibandingkan bulan Ramadhan," katanya, di Kepatihan Yogyakarta, Selasa (7/5/2019).

Menurutnya, Dinas Pariwisata DIY melakukan langkah upaya dalam mendongkrak kunjungan wisata Ramadhan, seperti wisata religi.

"Ada beberapa yang kemudian kita lakukan berkaitan dengan mendongkrak wisatawan di bulan suci Ramadhan, dengan wisata minat khusus untuk religi, biasanya itu. Kita sediakan paket-paket, misal paket tentang sejarah Mataram Islam mengunjungi dari mulai Kotagede, kemudian destinasi-destinasi lain, yang ada hubungannya dengan wisata minat khusus yaitu religi," jelasnya.

Selain itu, dijelaskan Singgih, pada bulan Mei juga ada perayaan Waisak di Borobudur. DIY juga akan lebih memperkenalkan peluang wisata religi unat Budha di Kulon Progo, dan mengoptimalkannya. salahsatunya sumber air suci di Kulon progo yang juga diambil untuk peringatan Waisak.

"Di Kulon Progo kita punya sumber air Waisak yang itu akan kita kerjakan lagi yang ada story telling yang berhubungan antara Kulon Progo dan Borobudur, jadi tidak hanya ke Borobudur saja. Tetapi disitu ada sumber mata air yang merupakan cikal bakalnya dari Waisak itu sendiri yang selalu diambil, itu juga mau kita angkat," kata Singgih.

Singgih raharjo menambahkan, setelah Ramadhan pihaknya memprediksikan kunjungan wisata domestik dipastikan meningkat drastis saat libur lebaran. 

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pelaku wisata terutama untuk pelayanan wisata mancanegara, agar dialihkan dari masa lebaran karena dikhawatirkan terganggu kenyamanannya seiring tingginya kepadatan wisata saat libur lebaran.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00