• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Wingpoh Jadi Jajanan Perluasan Kerja dari Program Kemenaker

7 May
07:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kendal : Melalui olahan Pohong Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Warga Kendal, terpilih menjadi peserta pelaksana uji coba perluasan kesempatan kerja dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Dengan bahan dasar Pohong, PKBM Bina Warga berhasil membuat jajanan khas Indonesia menjadi Wingpoh (Wingko Pohong). 

Pada dasarnya Wingko merupakan jajanan yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras, ketan dan gula. Namun saat ini untuk menciptakan jenis baru Ketua PKBM Bina Warga Maftukhin menjelaskan, jika pemilihan bahan dasar Pohong lantaran lebih mudah didapat dan tergolong murah dengan tujuan nantinya masyarakat dapat meniru. 

Sementara sebagai PKBM yang terpilih oleh Kemenaker, nantinya perwakilan dari PKBM Bina Warga akan melakukan publikasi di Balai Besar Lembang. 

"Saat ini kita sebelum ke Balai Besar Lembang akan kita uji coba 5 orang untuk membuat terlebih dahulu yang nantinya akan di bawa ke sana sebagai publikasi, dan setelah lebaran kita akan kembangkan lagi setelah dari Lembang" Jelas Ketua PKBM, Selasa (7/5/2019).

Adapun produk Wingpoh yang telah mendapatkan perhatian dari Kemenaker sebagai perluasan dibidang wirausaha, Pihak Kementerian akan membantu mempopulerkan produk tersebut melalui Website Kementerian Tenaga Kerja sebagai produk olahan. 

Lebih lanjut untuk proses pemasaran Maftukhin mengatakan penjualan sistem online akan diajarkan langsung oleh Kemenaker. 

Disisi lain peserta yang mengikuti pelatihan di PKBM Bina Warga rata-rata merupakan masyarakat di usia Produktif yang tidak memiliki pekerjaan dan ibu rumah tangga.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00