• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Chef Justin Lee Berbagi Ilmu Membuat Dessert Ala Korea

6 May
00:26 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta :Aroma harum menyeruak dari adonan kue yang sedang dipanggang dalam oven. Nama kue yang hampir matang itu Hodugwaja Madelaine, hasil racikan Chef Justin Lee, Chef asal Korea Selatan dengan pengalaman internasional.

Aroma harum itu berasal dari campuran adonan tepung, gula, mentega, kacang merah yang sudah direbus, dan  walnut (semacam biji kenari) yang sudah dipanggang. 

Di Korea, Hodugwaja merupakan salah satu jenis jajanan pinggir jalan atau food street. Sekilas, bentuknya seperti kue cubit di Indonesia. Tapi Hodugwaja Madelaine buatan Chef Justin Lee, kalau digigit terasa renyah, rasanya antara manis dan gurih, dengan kombinasi rasa kacang merah dan walnut.

“Ternyata enak ya,” begitu komentar yang hadir malam itu di Pusat Kebudayaan Korea Indonesia (Korean Cultural Center Indonesia-KCCI)  di Jakarta, tempat Chef Lee mendemonstrasikan empat jenis dessert ala Korea, Minggu (5/5/2019). 

Mengapa disebut dessert ala Korea, karena bahan-bahan dasarnya menggunakan bahan dasar pembuatan kue yang sering digunakan dalam makanan Korea.

KCCI mengundang Chef Lee untuk mengenalkan aneka dessert ala Korea hasil racikannya untuk mengisi program Korean Culture Day yang diselenggarakan tiap bulannya oleh KCCI. 

Chef kelahiran tahun 1981 itu, kebetulan datang ke Indonesia juga untuk menunjukkan ketrampilannya sebagai pastry chef dalam Ubud Food Festival di Bali. Dalam acara demo masak di KCCI malam itu, yang hadir bukan hanya orang Indonesia tapi juga warga negara Korea di Jakarta.

Selain Hodugwaja Madelaine, dengan gaya yang santai dan kadang diselingi canda,  Chef Lee juga mendemonstrasikan dua dessert lainnya yang diberi nama Misugaru Macaron, bentuknya seperti burger tapi dibuat kecil-kecil berwarna putih, dengan bahan dasar tepung gandum dan ditengahnya diberi pasta campuran buah pisang dan mangga serta sedikit agar-agar.

Dessert lainnya, oleh Chef Lee diberi nama Indonesian Yullan, bentuknya berupa bola-bola coklat dengan taburan kacang kastanye (chestnut) dengan rasa yang crunchy.

Di sesi terakhir, Chef Lee membuat dessert utama yang diberinya nama Barley Bali.  “Kenapa saya namakan Barley Bali?  Karena bahannya menggunakan coklat dari Bali,” kata Chef Lee sambil menunjukkan bungkusan coklat bertuliskan ‘Bali’.

Sedangkan bahan dasar lainnya adalah tepung barley, tepung yang berasal dari biji-bijian dari tanaman sejenis gandum, serta saus pasta yang terbuat dari kedelai yang difermentasi dan rasanya antara manis dan asin. 

“Di Korea pasta ini disebut doenjang, tapi untuk membuat Barley Bali ini, ditambah caramel, sehingga jadilah Doenjang Caramel,” jelas Cheff Lee.

Semua adonan itu, diambah bubuk jahe, dicampur dengan teknik ‘infuse’ sehingga mirip cream, lalu di-oven, dan setelah matang tekstur kuenya seperti sponge. Oleh Chef Lee, kue sponge yang telah jadi, di tata sedemikian rupa dengan artistik di atas piring dengan hiasan coklat dan pasta campuran mangga serta pisang.

Sebagai Chef khusus pastry, Justin Lee memang harus menguasai estetika penyajian maupun membuat racikan kue-kue atau cake, yang tidak hanya enak rasanya, tapi juga menarik dari segi tampilan sehingga menggugah selera.

“Sebagai chef, saya harus tahu bahan-bahan makanan yang sifatnya musiman, bukan hanya buah-buahan.  Dan saya ingin mengkombinasikan bahan-bahan makanan yang gurih ke dalam cita rasa kue-kue  yang saya buat. Untuk lebih mengenalkan lebih banyak lagi industri makanan yang lezat ke seluruh dunia,”  tukas Chef Lee tentang filosofinya sebagai Chef.

Chef Justin Lee sudah 10 tahun bergelut di bidang ‘perkokian’ dan 7 tahun belakangan ia fokus untuk membuat aneka pastry.  Dengan pengalamannya ke berbagai belahan dunia,  Chef Lee kini memiliki 7 outlet di kota Seoul. Diantaranya outlet JL Dessert Bar di kawasan muslim di Korea, Itaewon. Jadi, silahkan mampir kalau ke sana.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00