• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

46 Klub Panahan se-Jawa, Marakkan Lomba Jemparingan HUT Sleman

5 May
21:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sleman : Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-103, Pemerintah Kabupaten Sleman menyelenggarakan Lomba Panahan Tradisional atau Jemparingan, bertempat di Lapangan Pemda Sleman pada hari Minggu (5/5/2019).

Pembukaan lomba jemparingan tersebut diawali dengan pelepasan burung merpati oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Sleman  Agung Armawanta, dan yang diikuti oleh masing-masing perwakilan tim panahan.

Bandi Utama, selaku Ketua penyelenggara Lomba Jemparingan mengatakan bahwa tercatat 281 peserta dari 46 klub panah dari berbagai wilayah di Pulau Jawa mengikuti lomba tersebut.

"Dalam perlombaan tersebut, para peserta mempunyai kesempatan lima sesi memanah dengan jarak objek panah 30 meter. Dimana setiap sesinya peserta berhak melepaskan empat kali anak panah," terangnya.

Berbeda dengan panahan biasanya, jemparingan mewajibkan pesertanya menggunakan busana tradisional Jawa. Dalam melepaskan busur panah, para peserta menggunakan panah tradisional atau gandhewa dengan posisi duduk bersila dan sasarannya berwujud bandhulan.

Sementara itu Kepala Dispora Kabupaten Sleman Agung Armawanta mengatakan dimaksudkan untuk mempromosikan kepada warga Sleman bahwa Hari Jadi Kabupaten Sleman adalah milik semua warga Sleman.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, juga merupakan salah satu wujud untuk mensosialisasikan dan melestarikan olahraga jemparingan yang merupakan warisan budaya. “Melalui kegiatan ini, selain untuk menyemarakkan kegiatan Hari Jadi Sleman ke 103 juga sebagai kegiatan untuk menumbuhkan semangat melestarikan budaya,” kata Agung.

  • Tentang Penulis

    Yahya Widodo

    No description yet...<br /><br />

  • Tentang Editor

    Yahya Widodo

    Editor RRI Yogyakarta

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00