• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Lingkungan Hidup

BKIPM Aceh Lepas Ratusan Ribu Baby Lobster Tangkapan Senilai Rp 15 Miliar

5 May
12:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Badan  Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Aceh melepasliarkan ratusan ribu ekor baby lobster di kawasan perairan laut Kecamatan Simeulue Timur, Simeulue, Aceh.

Kepala BKIPM Aceh, Diky Agung Setiawan dalam siaran pers yang diterima RRI, Minggu (5/5/2019) mengatakan, baby lobster yang dilepasliarkan berjumlah 101.600 ekor yang berasal dari Tembilahan, Riau. Baby Lobster ini merupakan hasil penegahan pihak Karantina Ikan dan Bea Cukai Tembilahan, Riau pada tanggal 3 Mei 2019.

"Atas arahan Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti, maka hasil tangkapan dan sitaan ini pun dilepasliarkan di Simeulu," ujar Diky.

Dijelaskannya, jumlah baby lobster yang ditangkap beberapa waktu lalu sebenarnya sebanyak 101.800 ekor. Namun, karena untuk kepentingan barang bukti, sebanyak 200 ekor baby lobster diambil sementara sisanya yakni 101.600 ekor dikirimkan ke Simeulue untuk dilepasliarkan.

"Kerugian negara yang dapat diselamatkan dari upaya penyelundupan ratusan ribu baby lobster itu adalah sekitar Rp 15,27 miliar. Pelepasan baby lobster ini juga dihadiri oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Simeulue, Ibu Isdawati beserta pihak lainnya seperti Lanal, Polairud dan Panglima Laot Simeulue serta aparat gampong," jelasnya.

Pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan Simeulue beserta masyarakat sangat berterima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) khususnya BKIPM Aceh yang telah melepasliarkan baby lobster ini. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat terus dilakukan hingga kedepan.

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00