• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

TRON Aplikasi Angkot Online Pertama di Indonesia

3 May
19:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bekasi : Aplikasi TRON yang sudah bisa digunakan sejak 10 April 2019, hari Jumat (3/5/2019) diresmikan oleh Walikota Bekasi, Rahmat Effendi. Peresmian dilakukan di Gelanggang Olahraga (GOR) Patriot Candrabhaga Kota Bekasi.

TRON adalah aplikasi terbaru yang memungkinkan penggunanya, untuk memanggil angkutan kota (angkot) tanpa perlu berjalan jauh. Setelah registrasi, pengguna cukup memasukkan tujuannya.

"Pengguna yang sudah memasukkan tujuannya, nanti akan diarahkan ke halte virtual terdekat untuk menunggu angkot tersebut," ujar David Santoso CEO TRON.

Aplikasi TRON merupakan produk yang dibuat PT. Teknologi Olah Rancang Nusantara, dan merupakan afiliasi dari Diagiasia Bios. Kota Bekasi menjadi kota pertama di Indonesia yang menggunakan angkutan umum berbasis online.

"TRON merupakan aplikasi Ride Sharing yang saat ini dapat digunakan untuk naik angkot di Bekasi dengan layanan pembayaran non tunai yang disediakan KasPro," terang David.

David menambahkan, dengan teknologi yang disediakan oleh VIA, membuat aplikasi TRON dapat menyediakan skema reroute yang memungkinkan angkot untuk masuk ke kawasan pemukiman sesuai jalur yang sudah ditentukan.

"Kami harapkan dengan hadirnya TRON di Kota Bekasi, hal ini bisa menumbuhkan minat masyarakat untuk beralih ke angkutan umum," ujar David.

Saat ini aplikasi TRON sudah di downloadsebanyak 2.000, dengan jumlah angkot yang beroperasi sebanyak 30 unit. Kedepan ditargetkan ada 10 ribu angkot yang sudah beroperasi dengan menggunakan aplikasi TRON pada kwartal pertama tahun 2020.

"Untuk 30 angkot, zona operasi kami bagi menjadi dua, yakni Kecamatan Bantargebang dan Kecamatan Bekasi Timur," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana.

Selama masa promo, tarif angkot dengan aplikasi TRON sebesar Rp3 ribu. Setelah masa promo berakhir, tarifnya akan naik menjadi Rp5 ribu.

"Sementara baru dua zona saja, tapi kedepan bertahap kecamatan-kecamatan lain. Terutama yang beban transportasinya lebih tinggi. Nanti akan kita mix (integrasi) kan dengan bus Transpatriot milik kita yang sudah beroperasi," kata Walikota Bekasi, Rahmat Effendi. (erikh)

  • Tentang Penulis

    Erik Hamzah, SH

    Jurnalis Radio Republik Indonesia (RRI). Kini tinggal di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. email : erik.hamzah@gmail.com

  • Tentang Editor

    Waddi Armi

    Redaktur Puspem 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00