• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Base Station 4G ITB Jadi Pelopor Perangkat Telekomunikasi Karya Anak Bangsa

30 April
21:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandung:  Salah satu tantangan terberat bagi para investor Indonesia terutama yang terpusat dilingkungan akademisi adalah bagaimana produk yang merrka hasilkan dapat dimanfaatkan secarauas di dunia industri, tidak hanya sampai purwarupa yang hanya menjadi bahan pameran.

Demikian disampaikan oleh Project Manager LTE, Base Station 4G, Irfan Gani Purwanda saat menerima puluhan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Kemaritiman di Kampus ITB, Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/4/2019).

"Oleh karenanya, kementerian Ristekdikti mengambil peran untuk menjembatani antara akademisi dengan industri dengan menghadirkan program hilirisasi, salah satunya adalah inovasi perguruan tinggi di Industri," ujarnya.

Gani menambahkan, salah satu yang diamanahi untuk menjalankan program ini adalah Institut Teknologi Bandung dengan produk Base Station 4 G yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

"Telekomunikasi merupakan salah satu sektor vital yang terus berkembang saat ini," tegasnya.

Faktanya, kata dia, hampir seluruh perangjat telekomunikasi baik dari sisi pemancar maupun gawai pengguna masih didominasi produk luar.

"Base Station 4G dengan nama infiniteBe merupakan hasil pengembangan Pusat Mikroelektronika ITB bekerjasama dengan PT.Fusi Golbal Teknologi dan PT. LEN industri yang kemudian dilanjutkan oleh PT. Telekomunikasi Indinesia sejak Tahun 2016," tegasnya.

"Dengan tingkat kandungan dalam negeri atau TKDN 40 persen, diharapkan dapat menjadi pelopor perangkat telekomunikasi hasil karya anak bangsa yang dimanfaatkan aecara luas menggantikan produk-produk yang ada saat inj yang mayoritas merupakan produk asing," pungkasnya.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00