• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Di Tangan Berty, Jahe Diolah Jadi Minuman Berkelas

30 April
19:42 2019
1 Votes (5)

KBRN, Yogyakarta : Jahe sebagai salah satu rempah-rempah dan bahan obat, biasanya hanya dimanfaatkan ibu-ibu rumah tangga sebagai bumbu dapur. Padahal jika diolah secara kreatif, potensi ekonominya sangat menjanjikan.

Salah satu warga Sorowajan Banguntapan Bantul bernama Elisabeth Berty, mengembangkan jahe emprit, yang diolah menjadi minuman sejenis sirup dan sangat digemari masyarakat.

Produk buatannya ini, sudah dipasarkan hingga ke Bali, Bandung dan Jakarta rata-rata mencapai 15 sampai 20 karton per minggu.

”Orang jawa biasanya memakai jahe untuk bumbu pawon (bumbu dapur, red), saya coba berinovasi agar manfaatnya lebih banyak, jahe kalau tidak diolah tiga bulan akan busuk, ini melanjutkan ide kakak yang dulu sempat membuat minuman ini,” katanya di Bantul, Selasa (30/4/2019).

Satu kilogram jahe emprit, bisa diolah menjadi 16 botol sirup ukuran 300 mililiter. Jahe yang sudah dihaluskan, di campur delapan kilogram gula jawa, serta bahan alami lainnya yang dimasak hingga lima jam.

”Kita pakai bahan-bahan alami tanpa pengawet, jahe, serai sama daun pandan untuk pewangi, juga memakai gula jawa untuk pemanis, proses pembuatannya makan waktu lima jam, karena packing menunggu dingin, yang paling lama memasak, jika tidak matang akan jamuran,” imbuhnya.

Salah satu pembeli bernama Ika Dewi mengaku, sangat menyukai sirup jahe emprit karena sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan badan.

”Saya suka sirup jahe karena manfaatnya untuk menghangatkan badan, agar tidak gampang sakit dan masuk angin, rasanya agak pedas tetapi hangat di tubuh, tetapi pedasnya tidak seperti rasa pedas cabe,” kata dia.

Sirup jahe emprit ukuran botol 300 mililiter dijual Berty seharga 25 ribu rupiah, sedangkan yang ukuran botol 600 mililiter, harga jualnya 35 ribu rupiah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00