• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Menristekdikti Minta BAPETEN Tingkatkan Pengawasan Nuklir dan Edukasi Energi Nuklir ke Masyarakat

30 April
11:55 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) menyelenggarakan Konferensi Informasi Pengawasan (Korinwas) Tahun 2019 dengan tema "Penegakan Hukum dalam Pemanfaatan Tenaga Nuklir". BAPETEN bekerjasama dengan Kepolisian RI dalam rangka penegakan hukum ketenaganukliran.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir meminta kepada BAPETEN untuk meningkatkan pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia, serta BAPETEN juga diminta untuk memberikan edukasi energi nuklir kepada masyarakat. Menurut Mohamad Nasir, pengawasan akan lebih efektif jika dilakukan bersama instansi terkait, guna menghindari pada penyalahgunaan dalam pemanfaatan energi nuklir.

"Pengawas kadang tidak paham terhadap barang yang diawasi, oleh karena itu edukasi barang barang mengandung nuklir perlu disampaikan kepada publik, BAPETEN punya tugas mensosialisasikan produk apa saja yang mengandung nuklir dan radiasinya, di bidang kesehatan banyak alat yang digunakan mengandung radiasi tapi tidak tahu," ungkap Mohamad Nasir di Hotel Shangrilla Jakarta pada Selasa (30/4/2019).

Menanggapi hal ini, Kepala BAPETEN, Jazi Eko Istiyanto menyatakan pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, pekerja dan lingkungan terhadap pengetahuan bahaya radiasi nuklir dan bagaimana mencegahnya. Bersama instansi terkait, BAPETEN terus melakukan pengawasan dari pemanfaatan energi nuklir.

"Agar pekerja, masyarakat, lingkungan hidup terhindar dari radiasi nuklir, BAPETEN melakukan pengawasan terhadap pemanfaatan tenaga nuklir, penyusunan peraturan, pelaksanaan perizinan dan melakukan inspeksi, tugas pengawasan tidak mudah maka perlu bekerjasama dengan pihak terkait," kata Jazi Eko Istiyanto.

Adapun dalam kegiatan Korinwas Tahun 2019 juga dilakukan MoU dan PKS antara BAPETEN dan Polri yang diharapkan dapat berkoordinasi lebih baik dalam pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00