• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Warga Apresiasi Baksos PSPD UIN Makassar

28 April
16:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takalar : Puluhan warga yang terdiri dari orang dewasa hingga anak-anak, mengikuti pemeriksaan gratis dan sunatan massal yang berlokasi di SD 218 Inpres Cura-Cura Dusun Lantang Dua, Desa Lantang, Kecamatan Polongbangkeng Selatan (Polsel), Kabupaten Takalar, Minggu (28/4/2019).

Kegiatan sunatan massal dan pemeriksaan gratis, merupakan bagian rangkaian dari acara pamungkas Bhakti Sosial (Baksos) yang diinisiasi para mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Universitas Islam Negeri Makassar (UINAM).

Salah seorang penanggungjawab kegiatan baksos, dr. Nadjamuddin menuturkan kegiatan ini digelar guna memperkenalkan kepada masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) bahwa Universitas Islam Negeri Makassar memiliki Program Studi Pendidikan Dokter.

"Melalui kegiatan sunatan massal dan pemeriksaan kesehatan gratis, masyarakat Sulsel hingga Nasional khususnya masyarakat Desa Lantang Kabupaten Takalar mengetahui UINAM telah membuka jurusan Program Studi Pendidikan Dokter, yang mana telah beraktifitas selama tiga tahun," jelas dr.Nadjamuddin

Selain itu, melalui kegiatan kemanusiaan ini, para mahasiswa yang tergabung dari tiga angkatan (2016 - 2018) mendapat pembelajaran terkait tata cara pemberian pelayanan kesehatan yang baik dan benar, sesuai  mekanisme aturan kedokteran.

"Selaku penanggung jawab, saya berharap kepada para mahasiswa, untuk tidak mengerjakan sesuatu yang bukan tugas mereka. Dan para mahasiswa harus meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati dalam melakukan bedah minor, karena apa yang dilakukan ini, merupakan bagian tubuh yang sangat vital," ungkap salah seorang dosen PSPD UINAM.

Kata Nadjamuddin, saya mengapresiasi antusias para mahasiswa yang ingin mendedikasikan keilmuannya dalam memberikan penyuluhan hingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Kendati masih tergolong muda, namun antusias dan tingginya rasa kepedulian para mahasiswa, dalam melaksanakan penyuluhan dan pemberian pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat, patut diberikan apresiasi yang tinggi. Dan besar harapan, program kemanusiaan yang telah digelar para mahasiswa sejak tahun 2017 lalu, akan menjadi faktor penyokong dalam peningkatan akreditasi jurusan Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Negeri Makassar pada tahun keempat yakni pada tahun 2019 ini," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lantang, Muhammad Kasim, usai pemantauan mengatakan baksos yang dilaksanakan para mahasiswa ini, sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Takalar.

"Program kemanusiaan yang telah dilaksanakan fakultas termuda di UINAM tersebut, sejalan dengan program Pemkab Takalar, yakni menghadirkan masyarakat yang sehat," jelas kades dua periode ini. 

Lanjut, M.Kasim, hanya UINAM yang menggelar baksos pertama kali di Desa Lantang dan mendapat antusias positif dari warga.

"Selaku perwakilan masyarakat Desa Lantang, saya berterima kasih atas kepedulian pihak UINAM jurusan PSPD, dimana telah menunjuk desa yang saya pimpin ini, dalam melaksanakan program kemanusiaan yang dibutuhkan warga yakni penyuluhan dan pelayan kesehatan gratis," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00