• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Vladimir Putin dan Kim Jong-un berjanji meningkatkan hubungan di Vladivostok

27 April
18:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, : Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Rusia Vladimir Putin, dalam pertemuan puncak di Vladivostok, telah berjanji untuk meningkatkan hubungan kerja sama di antara mereka.

Kedua pemimpin negara itu berjabat tangan di Pulau Russky, di dekat kota pelabuhan Vladivostok, di timur jauh Rusia, Kamis (25/04/2019).

Rusia mengatakan kedua pemimpin negara akan membahas "masalah nuklir" di semenanjung Korea, tapi Kim juga disebut sedang mencari dukungan setelah perundingan dengan AS gagal.

Donald Trump dan Kim bertemu di Hanoi awal tahun 2019 untuk membahas program senjata nuklir Korea Utara. Tetapi konferensi tingkat tinggi (KTT) tersebut – yang kedua kalinya – berakhir tanpa kesepakatan.

Dalam pidato pembukaan, Kim Jong-un dan Putin merujuk kepada sejarah panjang hubungan kedua negara dan Putin mengatakan dia ingin membantu meredakan ketegangan di semenanjung Korea.

"Saya yakin kunjungan Anda hari ini ke Rusia akan membantu kami untuk lebih memahami bagaimana kami dapat menyelesaikan situasi di semenanjung Korea dan apa yang dapat dilakukan Rusia untuk mendukung proses positif yang sedang terjadi saat ini," kata Putin.

Kim mengatakan dia berharap "pertemuan yang sangat berguna dalam mengembangkan hubungan kedua negara, yang memiliki persahabatan dan sejarah panjang, menjadi lebih stabil dan sehat".

Sebelumnya, Kim tiba dengan kereta api di Vladivostok pada hari Rabu (24/04/2019) menjelang acara yang  menjadi perundingan pertamanya dengan Presiden Rusia.

Sang pemimpin Korea Utara menyapa para pejabat Rusia dengan hangat pada saat kedatangannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00