• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Cukur Huddersfield 5-0, Liverpool Kembali Puncaki Klasemen

27 April
06:32 2019
1 Votes (5)

KBRN, Liverpool : Liverpool sukses mencukur habis tamunya Huddersfield Town dengan skor 5-0 dalam laga pekan ke-36 Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (27/4/2019) dini hari WIB.

Sadio Mane dan Mohamed Salah sama-sama mengemas dwigol dalam kemenangan tersebut, yang dibuka dengan gol cepat Naby Keita, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan itu mengantarkan tim besutan Juergen Klopp naik kembali ke puncak klasemen dengan koleksi 91 poin, menggeser Manchester City (89) yang baru bermain pada Minggu (28/4).

Laga itu juga menandai kembalinya gelandang Liverpool Alex Oclade-Chamberlain yang absen karena  cedera sejak 24 April 2018.

Liverpool memulai pertandingan dengan sangat baik ketika Keita berhasil menghalau umpan Jon Stankovic dan bola diterima oleh Salah, yang segera mengumpan balik kepada legiun Mali itu untuk membawa tuan rumah unggul.

Gol yang tercipta pada detik ke-15 pertandingan itu, sekaligus membuat nama Keita tercatat sebagai pencetak gol tercepat Liverpool di era Liga Primer.

Setelah tertinggal, Huddersfield lebih banyak menguasai bola namun selalu kesulitan untuk membongkar pertahanan Liverpool.

The Reds justru menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-20 lewat sundulan Mane.

Berawal dari Virgil van Dijk menggiring bola ke depan kotak penalti Huddersfield, ia menyerahkannya kepada Andy Robertson sebelum sebuah umpan silang terukur melayang dan disambut dengan tandukan tajam Mane.

Sejak itu, Liverpool berbalik lebih banyak menekan tamunya dan gol ketiga lahir pada menit pertama masa injury time babak pertama lewat Salah.

Bek kanan Trent Alexander-Arnold melepaskan umpan lambung ke jantung pertahanan Huddersfield dan Salah berlari kencang meninggalkan kejaran dua bek lawan demi menjangkau bola dan mengangkatnya melewati kepala kiper Jonas Loessl yang meninggalkan sarangnya.

Liverpool unggul meyakinkan 3-0 saat turun minum dan mereka juga memulai babak kedua dengan sangat baik ketika Georginio Wijnaldum melepaskan umpan lambung ke dalam kotak penalti.

Sayangnya, Mane memutuskan untuk melakukan tendangan ungkit yang melambung di atas mistar gawang, kendati Daniel Sturridge juga berada dalam posisi unggul untuk menyambut bola dan berpeluang mencetak gol.

Kekhawatiran sempat muncul di kubu Liverpool ketika Van Dijk sempat terkapar lantaran kakinya terinjak oleh Steven Mounie dalam duel udara pada menit ke-51, namun ia lantas mengacungkan jempol ke arah bangku cadangan memastikan keadaannya mampu melanjutkan pertandingan.

Pada menit ke-54, Sturridge berhasil menyarangkan bola ke gawang Huddersfield namun golnya dianulir karena ia terlanjur berada dalam posisi offside ketika Alexander-Arnold melepaskan umpan tarik.

Liverpool sukses memperbesar keunggulan menjadi 4-0 pada menit ke-66 ketika Mane mencetak gol keduanya di laga tersebut dengan berdiri bebas tanpa kawalan untuk menyambut umpan silang Jordan Henderson.

Mane sebetulnya berpeluang untuk melengkapi raihannya menjadi trigol ketika lagi-lagi berdiri tak terkawal untuk menyambut umpan silang Xherdan Shaqiri pada menit ke-78, namun kali ini bola sundulannya membentur tiang gawang.

Oxlade-Chamberlain yang masuk pada menit ke-73 sempat berpeluang menandai laga kembalinya dengan mencetak gol namun sepakannya masih dihalau kaki Loessl pada menit ke-76.

Salah ikut menorehkan catatan dwigol ketika ia berhasil menyambut umpan tarik matang dari Robertson pada menit ke-83. Sepintas Salah berada dalam posisi offside ketika Shaqiri melepaskan umpan terobosan ke dalam kotak penalti, namun alih-alih mengejar bola ia membiarkannya dikejar Robertson yang berlari kencang tanpa kawalan.

Baik Mane maupun Salah berupaya untuk mencapai raihan trigol, namun sejumlah peluang yang mereka peroleh di sisa laga tak membuahkan hasil.

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum, Naby Keita; Mohamed Salah, Daniel Sturridge, Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp

Huddersfield Town (4-1-4-1): Jonas Loessl; Tommy Smith, Christopher Schindler, Terence Kongolo, Erik Durm; Jon Stankovic; Karlan Grant, Juninho Bacuna, Jonathan Hogg, Isaac Mbenza; Steve Mounie
Pelatih: Jan Siewert

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00