• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Tingkatkan Kenyamanan Jemaah, Ini Inovasi Pelayanan Haji 2019

24 April
23:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kementerian Agama terus meningkatkan pelayanan dalam penyelenggaraan ibadah haji 2019 untuk kenyamanan para jemaah di Tanah Suci. Salah satunya menambah sewa hotel dengan sistem full musim di Markazia, Madinah.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag, Sri Ilham Lubis mengatakan, ada beberapa hal baru untuk pelayanan haji Indonesia tahun ini yang telah disetujui Pemerintah Arab Saudi.

"Ada penambahan sewa hotel dengan sistem full musim. Alhamdulillah kita berhasil menambah hotel-hotel yang disewa di Markazia, tahun lalu 50 persen dan tahun ini kita tingkatkan jadi 75 persen. Nah yang 25 persen lagi dengan menggunakan sistem bookingtime," katanya saat menjadi pembicara pada Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440H/2019M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Sri menyebutkan, selain akomodasi, hal baru lain pada penyelenggaraan haji tahun ini untuk meningkatkan kenyamanan jemaah adalah terkait fast track (jalur cepat) untuk memangkas antrian jemaah di bandara. Meskipun baru ada penambahan satu embarkasi yang dapat menikmati layanan tersebut.

"Penambahan embarkasi baru satu yang dipenuhi mereka, kita akan tambah lagi tapi masih dalam tahap penjajakan. Nah sebagai gantinya, embarkasi lainnya yang tidak diberikan fasilitas fast track ini akan diberikan layanan semi fast track," ujarnya.

Sri Ilham menjelaskan, dengan layanan semi fast track tersebut, para jemaah tidak perlu lagi menunggu bagasi di bandara.

"Merela (jemaah) tetap dimintakan satu sidik jari nanti saat tiba di Bandara Arab Saudi, dan distempel paspornya. Setelah itu langsung ke bis. Jadi todak perlu urus bagasi lago. Selama ini yang buat lama itu kan mengurus bagasi, dibuka pihak beacukai, kan butuh waktu itu. Sekarang tidak perlu lagi," jelasnya.

Dikatakan Sri, hal lain yang juga baru dalam pelayanan haji 2019 adalah terkait tenda jemaah di Arafah yang akan dilengkapi AC.

"Peningkatan fasilitas tahun ini seluruh jamaah haji akan menikmati AC menggunakan freon. Kalau tahun lalu kan masih menggunakan mist fan, kipas angin yang mengeluarkan air. Tapi untuk lebih nyaman lagi, tenda di Arafah menggunakan PVC, anti api dan anti angin kencang," ujarnya.

Menurut Sri, tahun lalu saat ada angin topan di Mekkah, tenda-tenda beberapa negara roboh tapi tidak dengan tenda jemaah Indonesia. Selain kokoh, tenda jemaah Indonesia di Arafah juga dilengkapi dengan karpet, AC dan penerangan LED.

"Disamping itu, bagaimana dengan daya listrik karena menggunakan AC. Maka Muasasah menyampaikan pada kita bahwa dia akan menempatkan genset untuk setiap maktabnya, agar dijamin nanti tidak mati lampu atau turun wattnya," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00