• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

IDI Siap Bangun Ketahanan dan Kemandirian Kesehatan

24 April
23:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ikatan Dokter Indonesia (IDI) berupaya membangun ketahanan dan kemandirian kesehatan nasional.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang juga pengurus IDI Prof. Budi Wiweko mengatakan pentingnya perhatian kualitas layanan dan juga kebijakan terkait akses-akses kesehatan di daerah tertinggal guna membangun kesehatan nasional.

"Yang kita bangun ada ketahanan kemandirian kesehatan yang harus diperhatikan kualitas layanan yang dan kebijakan yang bisa disentuh ini akses-akses kesehatan. Tugas kita pemberian layanan yang dibutuhkan di daerahnya orang yang tinggal," kata Budi di Seminar Nasional IDI, Rabu (24/4/2019) di Jakarta.

Tugas dokter, jelasnya, adalah memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik dan meyakinkan masyarakat bahwa pelayanan kesehatan di Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lainnya.

"Membangun kualitas sumber daya manusia yang konsisten  dan IDI tentunya melakukan pembangunan kualitas sumber daya manusia. Itu merupakan hal penting bagi Indonesia terutama dalam masyarakat ekonomi ASEAN meningkatkan daya saing nasional," ucap Budi.

Dijelaskannya, IDI merasa bertanggungjawab untuk menyiapkan agar pelayanan kesehatan di Indonesia siap untuk menyongsong era masyarakat ekonomi ASEAN. Bahwa masyarakat ekonomi ASEAN atau ASEAN Economic Community itu pertama kali di launching di KTT ASEAN di Filipina tahun 1957 yang dipertegas lagi oleh KTT ASEAN di Denpasar pada tahun 2003.

"Dengan tujuan utamanya sebenarnya sangat mulia yaitu meningkatkan pemerataan ekonomi di wilayah Asean dan meningkatkan daya saing ekonomi di Asean. Tetapi ada konsekuensi logis yang salah satu bidang yang terkena  dampaknya dalam bidang kesehatan. Dan dokter sebagai aktor utama dalam bidang kesehatan harus mempersiapkan diri sendiri sehingga tenaga kesehatan di Indonesia atau khususnya dokter di Indonesia harus memiliki kompetensi atau kemampuan yang sama dengan dokter-dokter di luar negeri," tutur Budi yang pada tahun ini diprediksi akan berkompetisi dalam jabatan Rektor di Kampus UI.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00