• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Pickme, Solusi Antar Jemput Anak Sekolah Tanpa Rasa Khawatir

24 April
20:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Makin banyak masyarakat yang memilih memanfaatkan aplikasi ojek online, baik motor maupun mobil, untuk mobilitas mereka sehari hari. Kini, ada Pickme, aplikasi antar jemput online dengan mobil, karya anak bangsa. 

Founder dan Owner Pickme, Simon Surianto mengatakan, aplikasi ini dibuat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam mengurangi pemakaian kendaraan pribadi, untuk mengatasi kemacetan, khususnya di Kota Kota besar. 

"Ada dua aplikasi. Pertama Pickme School, yang sesuai namanya kita khususkan di untuk antar jemput anak sekolah. Kalau yang namanya Pickme Pro, itu khususnya antar jemput profesional," jelasnya, Rabu (24/4/2019).

Untuk Pickme School, pihaknya menekankan faktor keamanan, karena khusus yang diantar jemput adalah anak anak sekolah. Sehingga, pihak Pickme hanya mempekerjakan mitra perempuan untuk menjadi driver Pickme School. 

"Semua driver akan kita survei dan kita mengevaluasi semua drivernya. Jadi tidak semua driver wanita bisa bekerja, bisa menjadi mitra Pickme. Karena yang dibawa ini anak-anaknya orang-orang," ujarnya. 

Sedangkan untuk Pickme Pro, drivernya bisa laki laki atau perempuan.

Bagaimana memanfaatkan aplikasi Pickme? Bagi anda selaku konsumen, cukup download aplikasi Pickme di App Store atau di Play Store. Berbeda dengan aplikasi ojol lainnya, konsumen harus berlangganan selama satu bulan, atau minim lima hari. 

"Supirnya tidak berganti-ganti biar bisa dengan nyaman untuk anaknya untuk diantar jemput," tambahnya. 

Sementara itu, untuk drivernya, bisa mengangkut sampai dengan lima anak, atau pekerja (untuk profesional) dengan rute yang sama. 

"Ibu-ibu atau mungkin wanita yang biasa untuk mengantar anaknya ke sekolah, daripada mobilnya kosong yang mengantar cuma satu anak, dia bisa menggunakan mobilnya untuk menjemput anak-anak lain yang searah dengan sekolah anaknya," imbuhnya. 

Sementara itu, tarif yang dikenakan tergantung dari kategori. Untuk Pickme School, terdiri dari Red dengan tarif Rp 4000 per kilometer, Yellow dengan tarif Rp 3.500 per kilometer, dan Green dengan tarif Rp 3000 per kilometer. 

Sedangkan Pickme Pro, dibedakan dengan VIP,  Reguler, dan Ekonomi. Untuk VIP dengan tarif Rp 4000 per kilometer, Reguler dikenakan tarif Rp 3.500 per kilometer, lalu Ekonomi dikenakan tarif Rp 3000 per kilometer. 

"Yang membedakan adalah jenis mobilnya," tuturnya. 

Pickme sementara hanya ada di lima Kota besar, yakni Semarang, Surabaya, Jakarta, Bandung dan Jogjakarta. Pihaknya mentargetkan, sampai tahun 2019 ini, Pickme dapat dimanfaatkan diseluruh Kota di Pulau Jawa. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00